Follow Us

Video Pesisir Selatan Jawa Timur Terancam Tsunami 29 Meter dari Gempa 8,7 SR Bak Sambaran Petir di Siang Bolong, BMKG: Masyarakat Jangan Panik

Tiur Kartikawati Renata Sari - Sabtu, 05 Juni 2021 | 10:02
Ilustrasi potensi tsunami
dok.Kompas.com

Ilustrasi potensi tsunami

GridStar.ID - Baru-baru ini heboh kabar adanya potensi gempa dan tsunami di sepanjang wilayah pantai selatan Jawa Timur.

Hal ini disampaikan dalam Kajian Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami di Jawa Timur pada Jumat,(28/5/2021) lalu.

Tim ahli BMKG mneyebut adanya potensi terburuk jika muncul gempa 8,7 SR di perairan Kabupaten Trenggalek yang bisa berpotensi tsunami 26-29 meter.

Baca Juga: Tak Ingin Mendahului Takdir, Roy Kiyoshi Sudah Wanti-Wanti Soal Air Tinggi Mirip Tsunami, Giliran BMKG Beri Peringatan Gelombang 6 Meter di Wilayah Ini Himbau Masyarakat Berhati-Hati

Video ini lantas diunggah kembali oleh akun TikTok @cacahoo.

Sontak unggahan tersebut banyak menuai reaksi ketakutan netizen.

Melansir dari Kompas.com, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Mitigasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengimbau agar masyarakat tak panik gegara video tersebut.

Baca Juga: Air Laut Masuk Mall di Manado, BMKG Ingatkan 6 Perairan Ini Waspadai Gelombang Tinggi hingga 6 Meter

"Gaduh tsunami Jatim, sebenarnya masyarakat tidak perlu panik karena model skenario terburuk itu dibuat untuk merancang mitigasi," ujarnya.

Dari informasi tersebut diharapkan adanya respon mitigasi bencana.

"Masyarakat jangan panik, informasi potensi disiapkan untuk respons mitigasi bukan untuk menakuti masyarakat," imbuhnya.

Source : kompas, TikTok

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest