Follow Us

Jangan Salah Kaprah, Berikut Makna Sebenarnya Kalimat Minal Aidin Wal Faizin dan Taqaballahu Minna Wa Minkum yang Biasa Didengungkan saat Idul Fitri

Yulia Susanti - Kamis, 13 Mei 2021 | 11:30
Ilustrasi Idulfitri
Freepik

Ilustrasi Idulfitri

GridStar.ID - Saat lebaran tiba lekat dengan ucapan minal aidiz wal faidzin dan taqaballahu minna wa minkum.Namun tahukah, kedua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda.Ternyata, kalimat minal aidin wal faizin bukan doa untuk selamat Idulfitri.

Baca Juga: Pegawai Negeri Sipil Kalah Telak, Nagita Slavina Bagikan Parcel lebaran Berisi Barang Mewah Ini, Netizen Ramai-Ramai Ingin Jadi Karyawan Istri Raffi Ahmad: Cita-CitakuLantas, apa makna yang sebernarnya di balik kalimat tersebut?Sedangkan, apa makna juga dari taqaballahu minna wa minkum?Berikut penjelasan makna keduanya menurut hadis?Baca Juga: Profil Sapri Pantun, Komedian yang Meninggal Dunia Menjelang Lebaran

Melansir TribunJakarta.com dari TribunJogja (grup Tribunjakarta), kalimat Minal Aidin Wal Faidzin terdiri dari beberapa penggalan kata.Kata Min artinya 'termasuk', Al-aidin artinya 'orang-orang yang kembali', Wal Artinya 'dan', serta Al-faizin Artinya 'menang'.Apabila dimaknai secara harfiah, kalimat Minal 'Aidin wal Faizin dalam bahasa indonesia menjadi 'Termasuk dari orang-orang yang kembali sebagai orang yang menang'.

Baca Juga: Beda Keyakinan dengan Ibundanya, Celine Evangelista Bakal Rayakan Idul Fitri Bareng Keempat Anaknya, Kehadiran Stefan William disorotMenurut beberapa ulama, kalimat minal aidin wal-faizin sering diucapkan dari generasi sahabat atau ulama setelah Salafus Salih.Kalimat tersebut berasal dari seorang penyair pada masa Al-Andalus. Penyair itu bernama Shafiyuddin Al-Huli.Dia membawa syair yang menceritakan dendang wanita di hari raya. Sementara sumber lain menjelaskan, pada zaman khilafiah Rasyidin, ucapan Minal Aidin wal-Faizin dipakai sebagai ungkapan bangga atas kemenangan perang yang sebenarnya, contohnya perang badar.

Baca Juga: Dikabarkan Naik Pelaminan Setelah Lebaran, Rizky Billar Malah Tak Terlihat Tampil Bareng Lesty Kejora Selama Bulan Puasa, Sosok Ini Beberkan Faktanya: Punya Mimpi Masing-Masing

Minal 'aidin wal-faizin, maknanya tidak akan dimengerti oleh orang Arab. Kalimat ini juga tidak ada dalam kamus bahasa Arab, dan hanya dijumpai makna perkataannya saja.Dalam hadis tidak dijelaskan secara spesifik mengenai ucapan Minal 'aidin wal-faizin.Dalam budaya Arab, ucapan menyambut Idul Fitri adalah Taqabbalallahu minna waminkum. Sahabat dekat nabi menambahkan kata-kata Shiyamana wa Shiyamakum di kalimat tersebut.

Baca Juga: Sudah Ketuk Palu Berlaku 6-17 Mei 2021, Ini Aturan Larangan Mudik Lebaran 2021Jika digabungkan artinya Semoga Allah SWT menerima amalan puasa saya dan kamu.Jika ingin menyampaikan pernohonan maaf lahir batin, bisa menggunakan doa berikut ini."As-alukal afwan zahiran wa bathina atau Kullu aam wa antum bikhair"Artinya: Semoga sepanjang tahun Anda dalam keadaan baik-baik.(*)

Source : Jakarta.tribunnews.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest