Follow Us

Kabar Gembira, Menko Airlangga Bocorkan Jaringan 5G Bisa Segera Dinikmati Masyarakat di Indonesia

Tiur Kartikawati Renata Sari - Rabu, 24 Maret 2021 | 09:00
Menko Airlangga sebut jaringan 5G bakal segera hadir di Indonesia
dok.Kompas.com

Menko Airlangga sebut jaringan 5G bakal segera hadir di Indonesia

GridStar.ID - Kabar gembira untuk masyarakat Tanah Air.

Siap-siap menyambut jaringan 5G yang akan segera tersedia.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menko Airlangga.

Baca Juga: Dapat Fasilitas Mobil dan Apartemen dari Mantan Menteri KKP hingga Sumber Dananya Dipertanyakan, Ternyata Sosok Anggia Sekretaris Pribadi Edhy Prabowo Bukan Orang Sembarangan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan layanan 5G bakal segera tersedia di Indonesia, meski layanan teknologi telekomunikasi generasi keempat (4G) Long Term Evoluiton (LTE) baru hadir di dalam negeri beberapa tahun belakangan.

Airlangga mengatakan, penyediaan layanan 5G merupakan keharusan meski ongkos atau biaya untuk layanan tersebut cenderung lebih tinggi.

"Berbicara mengenai industri 4.0 mau enggak mau bicara soal 5G karena berbicara autonomus enggak bisa gerak kalau dengan 4G, semua autonomus bergerak dengan 5G," ujar Airlangga dalam Katadata Indonesia Data and Economic Conference 2021, Selasa (23/3/2021).

Baca Juga: Bangkai Ditutup akan Tercium Juga, Edhy Prabowo Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan yang Tersandung Kasus Korupsi Ternyata Biayai Sewa Apartemen Rp 160 Juta per Tahun untuk Sekretaris Perempuan Pribadinya

"Oleh karena itu pemerintah akan menyiapkan prototipe-prototipe walau kita tahu 5G biaya service-nya lebih tinggi, tapi tentunya dengan produktivitas otomatisasi tentu dengan kalangan industri mampu menggunakan fasilitas dengan 5G itu," sambungnya.

Airlangga menjelaskan, meski Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) belum memutuskan basis teknologi 5G yang akan dikembangkan, pemerintah sedang mengkaji beberapa kawasan yang akan menjadi wilayah dikembangkannya prototipe tersebut.

Di sisi lain, ia pun mengatakan, pemerintah harus mempertimbangkan persoalan risiko geopolitik yang saat ini tengah berkembang terkait dengan pengembangan 5G.

Source : Kompas

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular