Follow Us

Profil Iis Dahlia, Pedangdut yang Disebut Hobby Ngomong Pedas

Yulia Susanti - Sabtu, 09 Januari 2021 | 12:30
Profil Iis Dahlia, Pedangdut yang Disebut Hobby Ngomong Pedas
Instagram @isdadahlia

Profil Iis Dahlia, Pedangdut yang Disebut Hobby Ngomong Pedas

GridStar.ID - Iis Dahlia merupakan penyanyi dangdut yang tetap eksis berkiprah di dunia hiburan tanah air.Pemilik nama asli Iis Leliyah itu merintis kariernya dari panggung ke panggung.Kemudian Iis Dahlia memutuskan hijrah ke Jakarta dari Bandung.

Baca Juga: Sebut Chacha Sherly Ingin Bunuh Diri karena Malu Tak Ada Uang Sebelum Tewas dalam Kecelakaan, Iis Dahlia Kena Semprot Cita Citata: Orangnya Udah Meninggal, Kita Doakan Aja!Ibu dua anak tersebut akhirnya berhasil tampil di acara Wajah Baru di TVRI pada tahun 1985.Berkat penampilannya yang memikat ia diundang tampil ke pentas lenong.Sejak saat itulah, Iis Dahlia berhasil membuat produser rekaman tertarik.Baca Juga: Nyeplos Komentar Nyinyir pada Nagita Slavina saat Goreng Ayam di Kamar, Iis Dahlia Langsung Panen Hujatan dari Sosok Ini: Pedas Amat Mulutnya Bu

Melansir KOMPAS.com, Satu tahun berikutnya, ia diberi kesempatan untuk menyanyikan lagu-lagu mandarin yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Lika-liku untuk menjadi seorang penyanyi profesional pun dialaminya. Iis Dahlia pernah mengalami pahitnya ditipu.

Bermodal kegigihan dan tak pantang menyerah, Iis Dahlia kembali bangkit dan mendapatkan tawaran kontrak untuk membuat enam album.

Baca Juga: Ngaku Mau Pensiun Bikin Huru-Hara di Tahun 2021, Nikita Mirzani Siapkan Gebrakan Lain, Iis Dahlia Nyinyir: Curiga Cuma di Januari DoangKariernya di industri musik Tanah Air mulai terbuka, meski album perdananya tidak bergitu sukses.Nama Iis Dahlia mulai kenal publik berkat lagu Tamu Tak Diundang yang diambil dari album keduanya. Album itu konon berhasil menembus angka satu juta kopi dalam waktu beberapa bulan habis dipasaran dan berhasil masuk Museum Rekor Indonesia. Baca Juga: Blak-blakan Ngaku Malu Gegara Kelakuan Iis Dahlia yang Doyan Nyinyir sampai Ogah Syuting Bareng, Devano Ungkap Fakta Soal Hubungan Keluarganya: Kita Punya Jalur Masing-Masing

Kariernya yang semakin cemerlang membuat wanita kelahiran 29 Mei 1972 ini menjadi salah satu penyanyi dangdut sukses di Tanah Air.Tecatat hingga saat ini Iis Dahlia telah menelurkan puluhan album, serta sejumlah singel kolaborasinya. Hits-nya yang terkenal, antara lain Payung Hitam dan Seroja. Selain itu, Iis Dahlia juga sukses menjadi juri untuk beberapa ajang pencarian bakat dangdut. Salah satunya adalah D’Academy yang tayang di Indosiar.

Baca Juga: Terjagal Restu Ibu Aurel Hermansyah, Atta Halilintar Minta Tolong pada Iiis Dahlia untuk Bertemu dengan KrisdayantiIis Dahlia juga melebarkan sayapnya ke dunia seni peran. Ia pernah bermain di sejumlah judul sinetron dan FTV.

Belum lama ini, perempuan yang khas dengan kumis tipisnya tersebut dipercaya bermain dalam sebuah judul film berjudul Terlalu Tampan (2019). Perempuan kelahiran Indramayu ini juga aktif menjadi bintang iklan sejumlah produk.

Baca Juga: Prihatin Pernikahan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar Terhalang Restu Krisdayanti, Sosok Ini Tawarkan Jasa Pertemukan Ibu Kandung Aurel dengan Calon MantuUntuk kehidupan pribadinya, Iis Dahlia menikah dengan pengusaha Dadang Indrajaya. Sayangnya, di tahun 1998, ia bercerai meskipun sudah dikaruniai satu anak Salshadilla Juwita. Kemudian, pada tahun 2001, Iis Dahlia kembali menikah dengan seorang pilot bernama Satrio Dewandono dan telah dikaruniai seorang anak yang diberi nama Devano Danendra.(*)

Source : KOMPAS.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest