Follow Us

Biasa Diberikan untuk Sang Buah Setelah Mandi, Ini Bagian Tubuh Bayi yang Tak Boleh Diberi Minyak Telon

Yulia Susanti - Senin, 28 Desember 2020 | 06:30
Biasa Diberikan untuk Sang Buah Setelah Mandi, Ini Bagian Tubuh Bayi yang Tak Boleh Diberi Minyak Telon
freepik

Biasa Diberikan untuk Sang Buah Setelah Mandi, Ini Bagian Tubuh Bayi yang Tak Boleh Diberi Minyak Telon

GridStar.ID - Minyak telon berkaitan erat dengan buah hati alias bayi.Setelah mandi biasanya para ibu memberi bayinya minyak telon.Hal itu dilakukan agar si kecil merasa hangat dan nyaman.

Baca Juga: Terkenal Usai Viral Wajah Bayi di Iklan Minyak Telon yang Disebut Mirip dengan Prabowo Subianto, Ternyata Sosoknya Bukan Bayi Sembarangan!Namun, penggunaan minyak telon pada bayi bukan sesuatu yang wajib.Minyak telon merupakan kategori fitofarmaka atau obat tradisional.Biasanya juga dibuat untuk terapi medis beberapa keluhan penyakit.Baca Juga: Tak Mau Berat Badan Membengkak Selama di Rumah Saja? Hindari 3 Kegiatan dan Kebiasaan Ini

Mengutip Nakita.id, berikut beberapa manfaat penggunaan minyak telon.1. Bayi pilekAroma dan efek hangat dari minyak telon akan membantu melegakan pernapasan saat hidung Si Kecil tersumbat.Tentu saja keluhan batuk dan pilek atau penyakit apa pun yang diderita Si Kecil tetap membutuhkan penanganan medis.

Baca Juga: Psikolog Ungkap Cara Mendampingi Anak Menciptakan Ide Kreatif Belajar di Rumah, Nggak Susah loh Bun!Namun, bantuan dari rasa nyaman karena pernapasan yang lebih lega berkat minyak telon ini pada akhirnya membantu bayi tidur lebih nyenyak sehingga mempercepat proses penyembuhan.2. Cuaca DinginTahukah kalau tubuh bayi belum bisa mempertahankan suhunya untuk tetap hangat?Berbeda dengan orang dewasa yang secara otomatis akan membakar cadangan lemak tubuh saat kedinginan.Baca Juga: Tips Diet ala Dian Sastro yang Bikin Langsing dan Awet Muda!

Bayi yang kedinginan akan cepat terlihat menggigil karena kebutuhan kalorinya sangat tinggi.Saat kedinginan, tenaga yang semula dicadangkan untuk pertumbuhan lah yang justru akan dikuras untuk melawan rasa dingin.Oleh sebab itu, dalam cuaca dingin bisa mengoleskan minyak telon untuk membantu Si Kecil tetap hangat.

Baca Juga: Wow, Ini 4 Tips Diet ala Syahrini yang Ampuh Pangkas Lemak 9 Kg loh!Ini juga yang menjadi alasan mengapa orangtua biasanya akan mengoleskan minyak telon pada Si Kecil usai mandi dan berenang.3. MemijatAda banyak manfaat yang bisa didapatkan dari memijat bayi, seperti bayi merasa lebih tenang dan nyaman, tidurnya jadi lebih nyenyak, pencernaannya menjadi lancar, dan juga memperkuat hubungan antara dan Si Kecil.Nah, minyak telon akan jadi minyak gosok yang bisa dioleskan ke tubuh Si Kecil saat memijatnya.Baca Juga: Tips Diet ala Dian Sastro yang Bikin Langsing dan Awet Muda!

Dengan catatan, Si Kecil tidak menunjukkan rekasi alergi atau iritasi kulit karena minyak telon tersebut.Meski minyak telon bisa difungsikan untuk berbagai hal pada Si Kecil, tetap saja dalam pemakaiannya tak bisa sembarangan.Minyak telon tak perlu digunakan sepanjang waktu, apalagi Indonesia termasuk negara tropis yang hangat.

Baca Juga: Tips Diet ala Tina Toon, 8 Bulan Bisa Turun Bobot 25 Kg Pakai Alat IniPemakaian berlebihan justru bisa menimbulkan iritasi dan ketidaknyamanan pada Si Kecil.Perhatikan selalu kondisi kulit Si Kecil setiap kali pakaikan minya telon, apakah kulitnya terlihat kemerahan atau malah timbul beruntusan/bintil-bintil?Jika ya, sebaiknya segera hentikan pemakaian minyak telon saat itu juga.Baca Juga: Punya Gaji Pas-pasan Bukan Halangan Untuk Pintar Atur Uang dan Tetap Bisa Menabung, Ini 3 Tips yang Bisa Dilakukan

Bagian tubuh bayi yang tidak boleh dioleskan minyak telon Saat memakaikan minyak telon pada Si Kecil, hanya perlu mengusapkan secukupnya pada bagian dada, punggung, telapak kaki dan sedikit pada bagian leher.Daerah-daerah tersebut relatif terbuka dan berukuran cukup luas. Dengan begitu ada cukup banyak pembuluh darah halus di bawah permukaan kulit yang akan mengalami pelebaran ketika minyak telon dioleskan.

Baca Juga: Psikolog Ungkap Cara Mendampingi Anak Menciptakan Ide Kreatif Belajar di Rumah, Nggak Susah loh Bun!Pelebaran pembuluh-pembuluh darah halus inilah yang akan membuat peredaran darah dan transportasi oksigen dalam tubuh Si Kecil jadi lebih lancar.Sedangkan untuk bagian tubuh bayi yang tidak boleh dioleskan minyak telon adalah hidung dan daerah sekitar mata.Hindari juga mengoleskan minyak telon pada telapak tangan Si Kecil karena dikhawatirkan ia akan sering memasukkan tangannya ke dalam mulut.(*)

Source : Nakita.ID

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest