Follow Us

Virus Corona disebut Lebih Kuat dari Flu Musiman, Penelitian Temukan Virus Covid-19 Bisa Bertahan Selama 4 Minggu di Uang Kertas

Hinggar - Senin, 12 Oktober 2020 | 12:02
Bak Petir di Siang Bolong, Menyusul Malaysia, Strain Virus Corona yang Lebih Menular Terdeteksi di Indonesia, Apa Penyebabnya?
Kompas

Bak Petir di Siang Bolong, Menyusul Malaysia, Strain Virus Corona yang Lebih Menular Terdeteksi di Indonesia, Apa Penyebabnya?

GridStar.ID - Lebih dari tujuh bulan virus corona menjadi wabah di tanah air dan di seluruh dunia.

Berbagai penelitian mengenai virus ini terus dilakukan.

Mulai dari cara penularan hingga vaksin yang bisa mengatasi virus corona.

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa virus corona, SARS-CoV-2 dapat bertahan selama 4 minggu pada uang kertas.

Baca Juga: Terinfeksi Demam Berdarah Membuat Seseorang Miliki Kekebalan Terhadap Covid-19, Berikut Hasil Penelitiannya!

Temuan studi itu dilakukan para ilmuwan di Pusat Kesiapsiagaan Penyakit Australia.

Mereka menunjukkan bahwa ternyata virus corona baru ini sangat kuat, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (12/10).

Bahkan tidak hanya di uang kertas, virus tersebut juga dapat bertahan berminggu-minggu di pada permukaan kaca dan permukaan benda yang umum lainnya.

Penelitian dilakukan ilmuwan dengan mengamati risiko dari uang kertas, perangkat layar sentuh serta pegangan pintu dan berbagai benda lainnya di salah satu laboratorium biosekuriti terbaik di Australia.

Baca Juga: Anies Baswedan Kembali Terapkan PSBB Transisi Untuk 2 Minggu ke Depan Setelah Melihat Kasus Covid-19 Melambat di Ibukota

Menurut penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Virology Journal pada Senin lalu, kelangsungan hidup virus di permukaan menurun menjadi kurang dari sehari pada suhu 40 derajat Celcius.

"Hasil (studi) kami menunjukkan bahwa virus SARS-CoV-2 dapat tetap menular di permukaan untuk jangka waktu yang lama," kata Debbie Eagles, wakil direktur Pusat Kesiapsiagaan Penyakit Australia.

Source : Kompas.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest