Follow Us

Tak Ingin Dahului Takdir, Geger Gempa Megathrust Penelitian ITB, Mbah Mijan Berdoa Agar Firasat Buruk Soal Bencana Dahsyat Hanya Angin Lalu: Ya Allah Jauhkanlah...

Rahma - Minggu, 27 September 2020 | 18:30
Gempa Megathrust, Mbah Mijan
Kolase Tribun

Gempa Megathrust, Mbah Mijan

GridStar.ID - Perbincangan soal potensi gempa megathrust di selatan Pulau Jawa kembali ramai.

Warganet membicarakan soal ini setelah publikasi riset Institut Teknologi Bandung ( ITB) tentang potensi tsunami 20 meter di selatan Pulau Jawa.

Riset itu dipublikasikan dalam jurnal Nature Scientific Report pada minggu lalu.

Baca Juga: 9 Wilayah Ini Menjadi Zona Aktif Gempa Pada Agustus dan Diprediksi Berlanjut hingga September, Ini Kata BMKG

"`kondoms hati2 kalian yg ada di selatan jawa ???????????????????? emang bener2 2020 ????????"

“Baca berita di Jawa Selatan bakalan ada gempa megathrust 9,1M dan Tsunami 20 meter, kasih info ke grup keluarga besar di jawa katanya udah kerasa gempa," tulis akun @prasetyal_.

gaada yg tau.. cuman biasanya sih prediksi berdasarkan tanda2 yg ada.. dan emang kan dari dulu indo (apalagi selatan jawa) tuh rentan terjadi gempa besar (megathrust). jadi waspada aja, berdoa smoga selalu dilindungi.." kata akun @coklaotungs.

Baca Juga: 8 Fakta Mengenai Gempa Kembar di Bengkulu Pagi Tadi, Guncangan Terasa Hingga ke Singapura dan Pernah Terjadi 13 Tahun Lalu

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Dr Daryono mengatakan, masih ada pemahaman yang belum tepat soal gempa megathrust.

Menurut dia, gempa megathrust masih dipahami sebagai sesuatu yang baru dan seolah hal tersebut akan terjadi dalam waktu dekat, berkekuatan besar, dan dapat menimbulkan kerusakan serta tsunami yang dahsyat.

“Pemahaman seperti ini tentu saja kurang tepat,” kata Daryono, dilansir dari Kompas.com, Sabtu (26/09).

Source : Twitter, kompas

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest