Follow Us

Terus Ditunggu Perkembangannya, Ahli Epidemiologi Ungkap Vaksin Terbaik Untuk Covid 19 Saat Ini: Jangan Tunggu yang Belum Pasti

Hinggar - Sabtu, 19 September 2020 | 19:02
Presiden Filipina Beri Instruksi Bersihkan Masker Kain Pakai Bensin karena Disebutnya bak Disinfektan, Ahli Langsung Beri Komentar: Salah Besar!
Kompas.com

Presiden Filipina Beri Instruksi Bersihkan Masker Kain Pakai Bensin karena Disebutnya bak Disinfektan, Ahli Langsung Beri Komentar: Salah Besar!

GridStar.ID - Hingga saat ini para ilmuwan masih mencari cara untuk menemukan vaksin dari Covid-19.

Beberapa penelitian telah menemukan beberapa calon vaksin yang terus dilakukan uji coba.

Banyak orang yang mengharapkan vaksin segera ditemukan agar pandemi ini segera berakhir.

Baca Juga: Ketegaran Hati Istri Sekda Saefullah yang Tutup Usia Akibat Covid-19, Titipkan Pesan Khusus pada Anies Baswedan

Sebelum vaksin ditemukan, ahli epidemologi mengungkapkan cara agar penularan virus ini bisa teratasi.

Ahli epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono menegaskan, saat ini masker merupakan "vaksin" terbaik untuk mencegah penularan Covid-19.

Menurut Pandu, pemerintah harus terus mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya memakai masker di masa pandemi ini.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Angka Kematian Dokter Makin Tinggi Akibat Pandemi, Indonesia Berpotensi Jadi Epicentrum Covid-19 Dunia

"Pakai masker adalah 'vaksin' terbaik yang ada sekarang. Jangan nunggu vaksin yang belum jelas, belum tentu sangat efektif.

Tapi masker, kalau pakai masker yang benar, kita akan rendah sekali risikonya," kata Pandu dalam diskusi daring Menakar Perilaku Masyarakat dalam Beradaptasi dengan Pandemi Covid-19, Sabtu (19/09).

Pandu mengatakan, pemerintah tidak bisa mengandalkan ketersediaan vaksin Covid-19 yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. Efektivitasnya belum tentu sempurna.

Source : Kompas.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest