Follow Us

Dituding hanya Andalkan Vaksin Buatan China, Erick Thohir: Bio Farma Bukan Tukang Jahit Sinovac

Tiur Kartikawati Renata Sari - Jumat, 21 Agustus 2020 | 14:01
Dituding hanya Andalkan Vaksin Buatan China, Erick Thohir: Bio Farma Bukan Tukang Jahit Sinovac
ShutterStock

Dituding hanya Andalkan Vaksin Buatan China, Erick Thohir: Bio Farma Bukan Tukang Jahit Sinovac

GridStar.ID - Pandemi covid-19 kini masih menjadi masalah besar di Indonesia.

Menteri Bandan Usaha Milik Negara (BUMN) kini sibuk mengurus kebijakan impor vaksin asal China, dari perusahaan Sinovac.

Vaksin ini menguntungkan kedua belah pihak, pasalnya Indonesia akan mendapat transfer teknologi dari produsen vaksin tersebut.

Baca Juga: Bak Angin Segar, Uji Klinis Selesai Januari 2021, Vaksin Virus Covid-19 dari Bio Farma Segera Bakal Diproduksi hingga 250 Juta Dosis!

“Bahwa Bio Farma tidak tukang jahit, tapi Bio Farma ada kesepakatan dengan Sinovac yang ada namanya transfer knowledge, transfer teknologi , ini yang perlu digarisbawahi,” ujar Erick dalam keterangannya seperti dikutip Jumat (21/8/2020).

Erick mengungkapkan, Kementerian BUMN tak ingin selamanya Indonesia hanya menjadi negara konsumtif.

Dia berharap ke depannya Indonesia bisa mandiri, termasuk dalam urusan produksi vaksin virus corona.

Baca Juga: Kabar Baik, Perdana Menteri Australia Umumkan Pembagian Vaksin Covid-19 untuk Wilayah ASEAN Diprioritaskan: Akses Awal Vaksin untuk Keluarga Kami, Pasifik dan Asia Tenggara

Erick menambahkan, jika nantinya terjadi transfer pengetahuan dan teknologi dari kerja sama ini, maka misi Indonesia untuk imunisasi massal vaksin Covid-19 di awal 2021 bisa terwujud.

“Ibu Menlu dan saya juga menekankan ketika ditemukan Sinovac kita memastikan transfer teknologi itu bukan hanya sekedar beli, dan ini yang saya harapkan kita semua agar bisa bangkit," kata Erick.

"Sesuai dengan timeline yang sudah dipastikan oleh Ibu Menlu tadi, bagaimana imunisasi buat masal dan Indonesia bisa segera tahun depan," kata Erick lagi.

Source : kompas

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest