Follow Us

Langsung Gegerkan Dunia, Palestina Hilang dari Google Maps hingga Berubah Menunjukkan Label Israel, sang Raksasa Bisnis Angkat Suara

Yulia Susanti - Senin, 20 Juli 2020 | 15:30
Langsung Gegerkan Dunia, Palestina Hilang dari Google Maps hingga Berubah Menunjukkan Label Israel, sang Raksasa Bisnis Angkat Suara
Via Gridpop.id

Langsung Gegerkan Dunia, Palestina Hilang dari Google Maps hingga Berubah Menunjukkan Label Israel, sang Raksasa Bisnis Angkat Suara

GridStar.ID - Perebutan kekuasaan Israel atas Palestina hingga ini masih berlanjut.Belakangan ini kedua negara itu menjadi sorotan dunia.Bagaimana tidak, wilayah Palestina hilang dari Google Maps.

Baca Juga: Diperebutkan Israel Mati-matian dari Tanah Palestina, Ternyata Ada Misteri yang Tersimpan di Bawah Masjid Al Aqsa yang Sangat Diinginkan Orang-orang YahudiYa, baru-baru ini berbagai media sosial mulai dari Instagram hingga Twitter dibanjiri kecaman netizen pada Google.Bukan tanpa sebab, kemarahan warganet itu meledak lantaran Google dituding telah menghapuskan nama Palestina dari wilayahnya sendiri.Perubahan mengejutkan itu memang tampak saat siapapun membuka aplikasi Google Maps.Baca Juga: Viral! Buat Heboh Warga, Perempuan Ini Mengaku Tak Merasa Sedang Hamil dan Tetap Alami Haid Setiap Bulan, Tiba-tiba Melahirkan: Saya Tidak Percaya Kok Bisa!

Bila diketik nama Palestina, Google akan otomatis menunjukkan peta wilayah Palestina namun tak terlihat label nama Palestina didalamnya.Bahkan lebih mengejutkannya lagi, peta Google Maps itu menunjukkan label negara Israel dengan jelas.Sontak saja tindakan itu memancing reaksi keras netizen yang menuding Google mendukung pendudukan Israel.

Baca Juga: Viral! Bak Tak Punya Malu, 3 Perempuan Ini Joget TikTok di Jalan Raya, Polisi Ambil Tindakan dan Panggil KetiganyaSalah satunya adalah akun Twitter @hassan_sheikh4 yang mengunggah foto sebelum dan sesudah label Palestina hilang."Google tidak tahu malu! Beraninya mendukung Israel dan menghapus Palestina dari Google Maps," tulis Hassan Sheikh dilansir dari Serambinews.com.Namun, baru-baru ini, raksasa teknologi itu membuat pengakuan mengejutkan terkait hilangnya label Palestina di peta online Google.Baca Juga: Viral! Lempar Al Quran, Perempuan Ini Mengaku Punya Gelar Magister dan Bekerja Sebagai Dosen, Polisi Ungkap Fakta Sebenarnya: Bodong!

Dilansir dari The Independent melalui Kompas.com, Senin (20/07), Google mengaku bahwa sedari awal mereka memang tidak memberikan label Palestina.Sehingga tuduhan penghapusan label Palestina itu menjadi tidak tepat dilayangkan.Dilansir dari The Independent, tuduhan penghapusan Palestina dari peta online tersebut nampaknya berasal dari pengguna Instagram Astagfirvlah pada Rabu (15/07).

Baca Juga: Bangga Suaranya Viral di TikTok, Kelakuan Ayu Ting Ting Justru Kebongkar saat Manggung Off Air, Sering Ada Pria Pegang Pinggulnya Sambil GoyangSejak saat itu, pembaruan informasi pada postingan tersebut selalu disematkan dan menyatakan informasi tersebut adalah informasi yang salah.Namun informasi tersebut kadung meluas di media sosial dan semakin menyebar.Seperti diketahui, negara Palestina memang telah diakui sebagai negara merdeka oleh 136 negara anggota Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).Baca Juga: Detik-Detik Akad Nikah Dilaksanakan Mendadak Gempar, Seorang Ibu Mengamuk di Depan Penghulu Ingin Batalkan Pernikahan Anaknya, Terungkap Alasan Ini Jadi Motif di Balik Perbuatannya: Stop!

Namun Amerika Serikat (AS), tempat Google berkantor pusat, tidak mengakui Palestina sebagai negara yang merdeka.Google pun tak terlihat menanggapi permintaan komentar terhadap tuduhan tersebut.Tetapi dalam Google Maps, ada garis putus-putus berwarna biru di Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Baca Juga: Video Viral! Warga Heboh Peluk dan Cium Hewan Buas yang Dikira Lumba-Lumba dan Disebut Bawa Berkah, Warganet: Itu Paus Pembunuh!Rupanya hal itu merujuk perang Enam Hari pada 1967 dimana Israel berhasil menduduki Tepi Barat, Jalur Gaza dan Dataran Tinggi Golan.Hingga pada 2005 lalu, Israel secara sepihak menarik diri dari jalur Gaza.Siapa sangka, tudingan penghapusan wilayah Palestina di Google ternyata bukan kali pertama diungkap.

Baca Juga: Viral! Lempar Al Quran, Perempuan Ini Mengaku Punya Gelar Magister dan Bekerja Sebagai Dosen, Polisi Ungkap Fakta Sebenarnya: Bodong!Pada 2016 lalu, hal serupa juga pernah menghebohkan publik dunia.Bahkan, sebuah petisi online melalui Change.org mengklaim bahwa semua hal tentang Palestina telah dihapus atas desakan pemerintah Israel.Petisi tersebut juga mengklaim pendiri Google memiliki hubungan yang erat dengan pejabat Israel.Petisi berjudul Google: Put Palestine on your Maps! tersebut hingga kini masih aktif dan mendapat lebih dari 900.000 tanda tangan online. (*)Artikel ini telah tayang di gridpop.id yang berjudul Geger nama Palestina Lenyap dari Google Maps, sang Raksasa Bisnis Buat Pengakuan Mengejutkan

Source : GridPop.ID

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest