Follow Us

Kasus Baru Pasien Covid-19 Mencapai 1.000 Orang Selama Beberapa Hari, Gugus Tugas Sebut 60 Daerah di Indonesia Berada di Zona Hijau

Hinggar - Kamis, 25 Juni 2020 | 08:00
Ilustrasi: virus corona
kompas.com

Ilustrasi: virus corona

GridStar.ID - Penambahan kasus baru positif Covid-19 di tanah air menjadi semakin tinggi.

Bahkan dalam beberapa hari terakhir tercatat pasien baru mencapai seribu orang.

Pada Rabu, (24/06) misalnya, sebanyak 1.133 orang dikonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga: AS Kocar-kacir Usai 120 Ribu Warganya Meninggal Akibat Corona, Penasihat Donald Trump Lempar Tudingan Virus Covid-19 Produk Buatan Partai Komunis China

Namun, meski pasien yang terkonfirmasi cukup tinggi setiap harinya, tetapi beberapa daerah di tanah air ini malah menjadi zona hijau.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan ada 60 persen daerah yang masuk di zona hijau.

"Jadi relatif hampir 60 persen daerah di Indonesia kondisinya risikonya rendah dan hijau. Untuk itu beberapa sektor yang aman sudah mulai dibuka," kata Wiku Adisasmito, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam video conference di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/06).

Baca Juga: Cuma Sepekan Hartanya Melonjak hingga Rp98 Triliun, Ini 5 Orang Tertajir di Dunia yang Kekayaannya Tak Terdampak Covid-19

Kondisi kesehatan dan ekonomi Indonesia pun lebih baik dari negara yang lainnya.Ini berdasarkan data sejak 31 Mei hingga 21 JUni lalu.

Awalnya hanya ada 44 persen daerah yang berada di zona hijau, namun ini kemudian meningkat menjadi 52 persen.

Kini daerah yang berada di zona hijau telah mencapai 58,3 persen hingga 60 persen.

Baca Juga: Dirahasiakan Pemerintah, Muncul Kabar Dugaan Ribuan Data Pasien Covid-19 Dijual kepada Hacker, Menkominfo Angkat Bicara: Tidak Ada Akses Tidak Sah!

"Jadi relatif hampir 60 persen. Posisi Indonesia dibanding negara lain ternyata secara ekonomi dan kesehatan, kita tidak lebih buruk daripada yang lain. Bahkan kita relatif netral. Ini adalah modal kita untuk maju ke depan," kata dia. (*)

Source : kompas

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest