Follow Us

Ahli Wanti-Wanti: Berani Longgarkan PSBB? Jangan Mimpi Corona Berakhir Juni!

Tiur Kartikawati Renata Sari - Rabu, 13 Mei 2020 | 22:00
Ahli Wanti-Wanti: Berani Longgarkan PSBB? Jangan Mimpi Corona Berakhir Juni!
Kompas.com

Ahli Wanti-Wanti: Berani Longgarkan PSBB? Jangan Mimpi Corona Berakhir Juni!

GridStar.ID - Kini, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih dijalankan di sejumlah wilayah.

Wabah virus corona kini tercatat menjangkit lebih dari 14 ribu kasus.

Namun, kabar soal pelonggaran PSBB justru semakin kencang terdengar, benarkah?

Baca Juga: Terbukti Bahaya Covid-19 Tak Main-Main, Dokter Sebut Virus Corona Bisa Menular Lewat Benda yang Selalu Menempel pada Tubuh dan Tidak Mati Selama 9 Hari, Ini Cara Mencegahnya!

Berkaitan dengan PSBB, pada Selasa (12/05), Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebutkan, Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan untuk membuat simulasi terkait pelonggaran PSBB.

"Bapak Presiden telah berikan instruksi kepada Gugus Tugas untuk menyiapkan suatu simulasi agar apabila kita melakukan langkah-langkah pelonggaran (PSBB), maka tahapan-tahapannya harus jelas," kata Doni dalam video conference, Selasa (12/05).

Tahapan pertama yakni prakondisi atau sosialisasi. Nantinya, pemerintah akan melibatkan akademis, epidemiolog, kesehatan masyatakat, sosiolog, serta pakar komunikasi publik untuk melakukan sebuah kajian.

Baca Juga: Kabar Baik, Pemerintah Telah Periksa 160 Ribu Spesimen untuk Deteksi Virus Corona Lewat PCR-TCM, Hasilnya 100 Ribu Orang Dinyatakan Negatif

Kedua, yaitu kapan waktu yang tepat pelonggaran PSBB diterapkan. Itu bergantung pada empat kriteria. Kendati demikian, pakar epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono menyampaikan agar pemerintah tidak terburu-buru melakukan pelonggaran atau pelepasan PSBB, bahkan hingga Juni nanti.

Pandu berkata, kita memandang pandemi ini seperti siap untuk berlari maraton. Dia mengingatkan, jangan berharap pandemi corona selesai pada Juni.

"Jangan mengharap Juni itu akan tuntas. Jangan ngimpi deh, enggak mungkin. Mungkin kita harus menunggu lebih lama, mungkin," kata dia.

Source : kompas

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular