Follow Us

Terungkap Penampakan Institut Virologi Wuhan yang Punya Ribuan Virus yang Tersimpan di Dalamnya hingga Sempat Disebut Asal Muasal Virus Corona

Hinggar - Jumat, 08 Mei 2020 | 09:30
Institut Virologi di Wuhan dan ilustrasi kegiatan penelitian
HECTOR RETAMAL/AFP/Tribunnews

Institut Virologi di Wuhan dan ilustrasi kegiatan penelitian

GridStar.ID - Institut Virologi yang ada di Wuhan sempat menjadi buah bibir di dunia internasional.

Tempat tersebut sempat dituding sebagai sumber awal virus corona berasal.

Presiden Amerika Serikat Donald Trumps dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo juga mengatakan tempat itu sebagai asal muasal tersebarnya virus yang mengegerkan dunia.

Baca Juga: Mengerikan! Mutasi Covid-19 Muncul di Eropa, Dinilai Lebih Berbahaya dan Lebih Mudah Menular dari Virus Corona, Ini Penjelasannya

Banyak spekulasi mengenai asal virus ini, mulai dari pasar hingga laboratorium yang letaknya tak jauh dari pasar di Wuhan.

Akan tetapi Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, Washington tidak memiliki bukti sahih untuk mendukung klaim "spekulatif" ini.

Sementara itu para ilmuwan meyakini bahwa virus corona SARS-CoV-2 menular dari hewan ke manusia, yang kemungkin berawal di pasar Wuhan yang menjual daging hewan eksotis.

Baca Juga: Cerita Kesembuhan Pasien Positif Covid-19, Pria Asal Korea Selatan Beri Kesaksian Pulih 100 Persen dengan Lakukan Hal Ini: Corona Bisa Dikalahkan, Saya Sepenuhnya Pulih

Ahli epidemiologi terkemuka AS Anthony Fauci mengamini pernyataan WHO, dengan menyebut semua bukti sejauh ini "sangat menunjukkan" virus itu berasal dari alam.

Lalu Kementerian Luar Negeri China pada Rabu (06/05) mengecam Pompeo tidak memiliki bukti atas tuduhannya, dan pertanyaan tentang asal mula virus seharusnya diserahkan ke para ilmuwan "bukan politisi yang berbohong untuk tujuan politik domestik mereka sendiri."

Apa yang dilakukan peneliti di Institut Virologi Wuhan?

Source : Kompas.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest