Follow Us

Benarkah Virus Corona Bisa Menular Melalui Udara? WHO dan Para Ahli Berikan Penjelasannya

Hinggar - Sabtu, 11 April 2020 | 13:00
Ilustrasi corona virus
kompas.com

Ilustrasi corona virus

GridStar.ID - Virus corona diketahui bisa menular dengan berbagai media.

Virus ini bisa menular melalui benda mati hingga droplets dari orang yang terinfeksi.

Namun apakah benar virus ini juga bisa menular melalui udara?

Baca Juga: Blak-blakan, Mbak You Beri Peringatan dari Terawangannya yang Mengerikan, April hingga Juni Corona Menjadi-jadi, Sebut Tanaman Ini Bisa Jadi Penyelamat: Kita Tidak Bisa Beli Beras!

WHO dan para ahli pun memberi penjelasan mengenai benar atau tidaknya kabar yang sempat beredar tersebut.

Pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Melalui unggahan di akun resmi WHO, @who, ditegaskan bahwa hingga kini faktanya virus corona Covid-19 tidak menular melalui airborne atau udara. WHO menyatakan, Covid-19 menular melalui droplets atau percikan yang keluar saat seseorang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara.

Baca Juga: Bak Pertanda, Seorang Kakek Ngaku 3 Kali Mimpi Air Rebusan Daun Leben Bisa Jadi Penangkal Virus Corona hingga Minta Dokter Periksa, Ternyata Sudah Jadi Obat Herbal Penyakit Ini Sejak Lama!

"Kamu bisa saja tertular virus jika berada dalam rentang jarak 1 meter dari penderita Covid-19," kata WHO, dikutip dari Instagramnya pada Jumat (10/04).

Selain itu, penularan juga bisa terjadi saat menyentuh permukaan yang terkena droplets terkontaminasi dan secara tak sadar menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum cuci tangan.

Source : Kompas.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest