Follow Us

Potensi Gempa Megatrust Hingga Tsunami 3 Meter di Wilayah Ini, BMKG Akhirnya Beri Penjelasan!

Hinggar - Selasa, 03 Maret 2020 | 07:00
Potensi Gempa Megatrust Hingga Tsunami 3 Meter di Wilayah Ini, BMKG Akhirnya Beri Penjelasan!
instagram @infobmkg

Potensi Gempa Megatrust Hingga Tsunami 3 Meter di Wilayah Ini, BMKG Akhirnya Beri Penjelasan!

GridStar.ID - Beberapa waktu yang lalu ada sebuah prediksi yang mengatakan bahwa akan ada gempa besar yang akan terjadi di Indonesia.

Dikutip dari Kompas.com prediksi yang menyebutkan bahwa masyarakat di Sukabumi, Jawa Barat diimbau untuk waspada akan terjadinya gempa berkekuatan magnitudo 8,7.

Potensi gempa bumi yang diprediksi mencapai magnitudo 8,7 ini dipicu dari cesar naik sangat besar (Megatrust) yang berpusat di sepanjang lautan lepas Samudera Hindia.

Baca Juga: Bukannya Takut, Penyanyi Dangdut asal Banyuwangi Ini Justru Gunakan Virus Corona sebagai Judul Lagu Terbarunya, Warganet Meradang dan Kutuk Lagu Viral Ini!

Dampak yang terjadi adalah peristiwa itu bisa mengakibatkan tsunami.

Hal ini disampaikan oleh Peneliti Pusat Penelitian Mitigasi Bencana - ITB, Renza Furqon kepada Kompas.com di Sukabumi, Jumat (21/02).

''Untuk M 8,7 itu berdasarkan simulasi skenario terburuk yang kami ambil dari gempa terbesar yang pernah terjadi di Selatan Jawa,'' kata Renza

Baca Juga: 3 Kali Seminggu Diperkosa Ayah Kandungnya, Gadis yang Disekap Selama 24 Tahun Ini Melahirkan 7 Anak Akibat Kelakuan Bejatnya, sang Ayah Tega Bakar Salah Satu Anaknya dalam Tungku, Begini Kondisi Sang Gadis dan Anak-anaknya!

Mengenai hal tersebut, BMKG pun memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai potensi gempa megatrust dan tsunami di Sukabumi.

Hal ini disampaikan BMKG melalui unggahannya pada Minggu (01/03).

BMKG menyampaikan bahwa wilayah pesisir Sukabumi secara tektonik berhadapan dengan zona megathrust Samudra Hindia, yang merupakan zona subduksi lempeng aktif dengan aktivitas kegempaan yang tinggi.

Source : Kompas.com, Instagram

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest