Nyesel Baru Tahu! Kabar Gembira Bagi Masyarakat Kurang Mampu, BLT Dana Desa dan Top Up Kartu Sembako Rp300 Ribu Kembali Cair, Berikut Ini Jadwalnya

Rabu, 24 November 2021 | 19:45
KOMPAS.com/NURWAHIDAH

Bansos

GridStar.ID - Bantuan sosial (bansos) dari pemerintah masih tetap berlanjut di bulan November.

Setidaknya terdapat 5 bansos yang masih cair di bulan November ini.

Diantaranya subsidi listrik, bantuan kuota internet Kemendikbud Ristek, BLT UMKM, Program Keluarga Harapan (PKH), maupun BLT Subsidi Gaji.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Bisa Jadi Racun, Mulai Sekarang Jangan Lagi Olah Bayam Seperti Ini Jika Masih Sayang Nyawa Sekeluarga

Untuk mengecek penerima bansos tersebut, masyarakat bisa melakukan oengecekan melalui laman yang sudah disediakan masing-masing penyalur bantuan.

Namun ternyata dalam hitungan hari, akan terdapat bansos tambahan yang rencananya akan disalurkan oleh pemerintah.

Bantuan tersebut yakni BLT dana desa dan Kartu Sembako.

Lantas kapan jadwal pencairan dana bantuan kedua bansos ini (BLT dana desa dan Kartu Sembako)?

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Hati-Hati Jika Keluar Rumah, BMKG Beri Peringatan Tanda Bahaya, Cuaca Ekstrem Rabu 24 November 2021 Terjadi di 26 Wilayah Ini

Baik BLT dana desa maupun Kartu Sembako akan dicairkan mulai Desember 2021.

Setiap penerima bantuan tersebut akan menerima sebesar Rp300 ribu baik BLT dana desa maupun Kartu Sembako.

Hal ini diungkap dalam Rapat Terbatas yang dilaksanakan di Istana Negara (18/11) oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto menyebutkan pemerintah akan kembali menyalurkan pencairan BLT dana desa dan juga Kartu sembako sebesar Rp300 ribu.

Program bantuan sosial ini akan terus dilaksanakan pemerintah untuk membantu pengentasan kemiskinan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Meski Terpaut Usia 17 Tahun Lebih Tua, Jennifer Jill Akhirnya Bongkar Alasannya Mau Dinikahi oleh Ajun Perwira, Ini yang Dicarinya

Pemberian bansos BLT dana desa juga akan diberikan kepada penerima manfaat dengan tujuan menarget pengentasan kemiskinan menjadi nol persen pada tahun 2024.

Maka dari itu untuk mendukung penurunan tingkat kemiskinan, pemerintah kembali membantu melalui BLT dana desa terhadap 649 ribu KPM.

“Program yang didorong untuk di tahun ini adalah top up BLT desa sebesar Rp300 ribu kali 3 bulan di mana jumlah sasarannya 694 KPM,” jelasnya.

Bukan hanya BLT dana desa, namun pemerintah juga akan memberikan tambahan Kartu Sembako dengan jumlah sasaran 1,4 juta KPM.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Kini Minta Pembagian Harta Warisan, Terungkap Sekarang Jika Doddy Sudrajat Sempat Minta Uang Rp 800 Juta Sebagai Syarat Vanessa Angel Nikah, Bukti Chat Terlanjur Bocor

“Program kartu sembako yang di top up juga Rp300 ribu kali 3 bulan. Jumlahnya menurut Mensos sekitar 1,4 juta KPM,” tegas Airlangga.

Dirinya mengatakan pencairan akan mulai dilaksanakan awal Desember.

“Akan dilaksanakan di akhir atau di awal Desember, dan kemudian akan ada survei khusus Susenas kemiskinan di bulan Desember,” ujarnya.

Maka dari itu berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Menko bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto dapat ditarik kesimpulan bahwaBLT dana desa maupun Kartu Sembako masing-masing akan disalurkan dengan kuota yang berbeda sebesar Rp300 ribu kali 3 bulan milai Desember 2021.

(*)

Artikel ini telah tayang di GridFame.ID dengan judul BLT Dana Desa dan Top Up Kartu Sembako Rp300 Ribu Cair Kapan? Begini Kata Menko Airlangga Hartanto

Editor : Rahma

Sumber : GridFame.ID

Baca Lainnya