Dibatasi Sebanyak 60.000 Jemaah Saja, Ini Syarat yang Harus Dimiliki Untuk Melaksanakan Ibadah Haji Tahun 2021

Minggu, 13 Juni 2021 | 10:01
kompas.com

Ibadah Haji 2020

GridStar.ID - Ibadah Haji di tahun 2021 ini masih harus dibatasi.

Hal tersebut terjadi karena pandemi Covid-19 yang masih dialami di seluruh dunia.

Akibatnya saat ini ibadah haji 2021 memiliki kuota sebanyak 60.000 jemaah.

Baca Juga: Ini 5 Fakta Pembatalan Pemberangkatan Jemaah Haji 2021 Asal Indonesia, Bagaimana Nasib Antrean Selanjutnya?

Hal tersebut disampaikan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Ibadah Haji kali ini hanya akan dilakukan bagi penduduk Arab Saudi dan ekspatriat yang bermukim di Arab Saudi.

Informasi tersebut seperti disampaikan dalam akun resmi kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi @HajMinistry, Sabtu (12/06).

Baca Juga: Bak Ketar-Ketir Jemaah Haji Asal Indonesia Dilarang Masuk Arab Saudi karena Covid-19, Arie Untung Unggah Kabah: Kalau di Dunia Aja Nggak Mau Ditemuin Kita, Gimana di Akhirat?

“Jumlah total peziarah tahun ini adalah 60.000 peziarah, untuk warga mukim dan warga negara di dalam kerajaan,” tulisnya.

Keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan perkembangan pandemi virus corona yang muncul di seluruh dunia serta munculnya varian virus baru.

Baca Juga: Puji Kecantikan Ayu Ting Ting Setinggi Langit, Umi Kalsum Justru Kena Skakmat Sosok Ini hingga Seret Nama Nagita Slavina: Bu Haji Jangan Ngelawak

Dikutip dari Arab News, pengumuman Arab Saudi mengenai pembatasan ibadah haji 2021 tersebut menekankan bahwa mereka yang akan berangkat haji harus bebas dari penyakit kronis apa pun.

Selain itu juga harus berusia antara 18 hingga 65 tahun dan telah divaksinasi virus sesuai langkah vaksinasi yang diterapkan kerajaan.

Jemaah harus sudah dilakukan imunisasi lengkap atau mereka yang yang telah mengambil satu dosis vaksin setidaknya 14 hari sebelumnya atau mereka yang divaksin setelah sembuh dari infeksi virus.

Baca Juga: Celine Evangelista Pamer Penampilan Baru Pakai Hijab dan Cadar Serba Hitam, Vega Darwanti Langsung Juluki Istri Stefan William Bu Haji: Masha Allah!

"Kementerian Haji dan Umrah menegaskan bahwa pemerintah Kerajaan Arab Saudi selalu mementingkan keselamatan, kesehatan, dan keamanan jemaah, dan menempatkan ini di garis depan prioritasnya, sesuai dengan tujuan Syariah Islam,” tulis pernyataan Kementerian dikutip dari Skynews Arabia.

Arab Saudi juga menegaskan, pihaknya selalu memonitor perkembangan virus corona beserta variannya di seluruh dunia.

Selain itu, mereka juga selalu berkoordinasi dengan otoritas terkait di berbagai negara lain serta selalu memantau perkembangan yang disampaikan oleh WHO.

Baca Juga: Siap-Siap! Biaya Haji 2021 Kemungkinan Akan Naik Hingga Rp 9,1 Juta yang Akan Digunakan Untuk Hal Ini

Ibadah haji sendiri akan dimulai bagi warga mukim dan penduduk Arab Saudi pada Juli mendatang. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judulArab Saudi Umumkan Pelaksanaan Ibadah Haji 2021, Ini Perinciannya...

Editor : Hinggar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya