Bak Minta Sang Anak Ikuti Jejaknya yang Makin Religius di Tahanan, Angelina Sondakh Minta Keanu Massaid Tak Tinggalkan Salat, Hafal Al Quran hingga Jadi Guru Mengaji

Kamis, 07 Januari 2021 | 06:30
Kolase Tribunnews

Keanu diberi pesan oleh Angelina Sondakh

GridStar.ID - Bak hikmah di balik musibah, sisi religius Angelina Sondakh semakin tergugah saat dirinya menjalani hukuman di lapas.

Semakin mantap berhijrah, meski dirinya mualaf namun Angelina Sondakh justru hafal beberapa juz Al Quran.

Angelina Sondakh mengisi kegiatannya di lapas dengan mengaji dan menghafal Al Quran.

Baca Juga: Angelina Sondakh Ungkap Jeritan Hatinya Usai 10 Tahun Dibui pada Sang Keanu Massaid, Mudji Massaid: Nanti Satu Tahun lagi Kita Bersama-sama lagi

Tak heran jika setelahnya Angelina Sondakh memiliki keinginan agar Keanu Massaid mengikuti jejaknya agar lebih religius.

Diketahui, beberapa waktu lalu Keanu sempat menyambangi lapas Angelina Sondakh dan mengungkap pesan sang ibu padanya.

"Nilainya yang bagus dan Keanu jadi anak yang saleh, sering shalat," ujar Keanu menirukan perkataan Angelina Sondakh saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (4/1/2021).

Baca Juga: Tata Janeeta Ngaku Sudah Seizin Angelina Sondakh Berani Terima Pinangan Brotoseno, Maia Estianty Turun Tangan: Dia Tidak Nikah dengan Pelakor ya!

Bukan hanya Keanu, Angie sapaan akrab Angelina Sondakh juga berpesan pada Aaliyah dan Zahwa Massaid saat menjenguknya untuk tak meninggalkan salat.

Semakin religius, begini perjalanan spiritual Angelina Sondakh.

Dilansir dari Surya.co.id, berikut fakta-faktanya:

Baca Juga: Kedua Ibunya Mendekam di Penjara, Aaliyah Massaid Ungkapkan Jeritan Hatinya hingga Ceritakan Kondisi Dirinya yang Selama Ini Disembunyikan

1. Mualaf dan mantap berhijab

Angelina Sondakh belajar Islam setelah pacaran dengan Adjie.

Hingga akhirnya di tahun 2008, Angie memutuskan menjadi mualaf.

Kala itu, dia memilih untuk menutupi statusnya sebagai mualaf karena alasan keluarga.

Hingga akhirnya, dia menikah dengan mantan suami Reza Artamevia itu pada 29 April 2009.

Dari pernikahannya itu, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Keanu Jabaar Massaid.

Sejak kematian suaminya, Adjie Massaid pada 5 Februari 2011, aura kesedihan sepertinya selalu menghampiri Angie.

Hingga akhirnya, dia harus berurusan dengan hukum lantaran tersangkut kasus suap Wisma Atlet di Palembang, Angie pun mau tak mau harus tinggal di dalam penjara.

Selama menjalani persidangan kasusnya, Angie mulai mengubah penampilannya dengan berhijab sampai saat ini.

Mantan anggota DPR RI dari Partai Demokrat ini harus menjalani hukuman 10 tahun di penjara akibat kasus korupsi tersebut.

Baca Juga: Ditinggalkan Adjie Massaid Saat Balita dan Terpisah dengan Angelina Sondakh, Keanu Massaid Unggah Foto Orangtuanya yang Bikin Warganet Mewek: Kalian yang Terbaik, Al Fatihah

2. Hafalkan 15 Juz

Beberapa waktu lalu beredar sebuah foto yang diunggah dalam akun ang.sondakh, Angie tampak cantik memakai hijab berwarna merah.

Dalam foto itu, terlihat pula bahwa Angie sedang berada dalam sebuah forum dan menjadi pembicara.

Hal yang tak kalah menyentuh adalah, caption yang tertulis di sana.

“Mencoba lebih mendekatkan diri dengan-NYA agar segala kesalahan saya dapat diampuni oleh-NYA, aamiin,” tulis akun ang.sondakh, Sabtu (15/7/2017).

Setelah postingan Angelina Sondakh mengundang banyak netizen terharu, baru-baru ini Ustaz Yusuf Mansur mengungkap kondisi terkini Ibunda dari Keanu Jabaar Massaid itu.

Makin religius, Angelina Sondakh yang dulu seorang mualaf ini kini justru berhasil menghafalkan 15 Juz Alquran.

Tak hanya itu saja, dilansir dari caption yang diunggah Ustaz Yusuf Mansur pada Senin (23/10/2017) itu, ia menyebutkan bahwa Angelina kini menjadi seorang guru ngaji.

"Allah Punya Kuasa. Allah Punya Rencana.

Bahkan beliau jadi guru ngaji bagi warga binaan yang ga bisa ngaji.

Fabi-aiyyi-aalaa-i-robbikumaa tukadzdzibaan," tulis Ustaz Yusuf Mansur sembari mengunggah potongan gambar artikel yang menuliskan kondisi terkini Angelina.

Melihat postingan dari ustaz ternama itu, netizen pun terharu dengan perubahan yang dialami oleh Angelina Sondakh.

"Masya Allah.... apa yg menurut kita baik belum tentu menurut Allah demikian, begitu pula yg menurut kita buruk belum tentu menurut Allah buruk. Allahu Akbar,"

"Allah sangat menyayangi beliau. Kita yg melenggang bebas belum tentu 1 juz jug,"

"Di balik musibah ada berkah..semoga dosa" beliau di ampuni Allah..biar bagai mana pun beliau terlibat korup..arti nya mengambil yg bukan hak nya..,"

Baca Juga: Tak Bisa Mengenal Dekat Mendiang Adjie Massaid, Keanu Massaid Ungkap Caranya Mengenal Sosok Ayahnya Lewat Foto dan Cerita Orang Sekitar

3. Siapkan ruang khusus shalat 5 waktu

Keberadaan ruang khusu shalat 5 waktu di Lapas Wanita Pondok Bambu, Jakarta Timur diungkapkan Angie saat ditemui Tribun Network sedang asyik berkebun pada, Jumat (17/72020) pagi.

Angie terlihat ceria. " Meski menjadi warga binaan, banyak hal-hal positif yang bisa dikerjakan disini," ujarnya semringah.

Angie bersama warga binaan yang lain, terlihat asik merawat tanaman anggrek, ruang bacaan untuk warga binaan, dan ternak lele.

Sejenak Angelina Sondakh menghapus keringat di wajahnya yang terlihat sudah mulai bercucuran.

Kebetulan saat bisa bertemu dengan Angelina Sondakh, sebagian warga binaan yang lain, juga beraktivitas sama.

Angie tertawa lepas sambil mengumbar senyum saat ditanya apa pesan untuk para wakil rakyat, yang dulu menjadi profesinya. "Baik-baik saja," ujarnya dari balik masker yang menutup sebagian wajahnya.

Protokol Covid -19 tetap ditetapkan di dalam Lapas Pondok Bambu. Seluruh warga binaan diwajibkan memakai masker saat beraktivitas, termasuk Angelina Sondakh.

"Karena program kemandirian di dalam Lapas harus bekerja, jadi saya bekerjanya dengan berkebun, kena matahari dan berkeringat," kata wanita yang kesehariannya selalu mengenakan hijab.

Membaca buku, diakuinya menjadi rutinitas dalam kesehariannya sebagai warga binaan. "Dengan membaca buku, saya bisa melihat dunia," katanya lagi.

Ia mengaku, tahun 2022 akan bebas dari hukuman yang sudah ia jalankan hingga saat ini.

Mantan Putri Indonesia ini kembali tertawa kecil saat ditanya apakah ingin kembali masuk dalam dunia politik. Angie tegas menjawab enggan untuk menekuni politik lagi seperti dulu.

"Saya ingin jadi petani. Saya ingin bebas dan ingin menjalani profesi dengan bertani jika sudah bebas nanti," janji Angie dibalut senyumnya yang tetap terlihat dari raut wajahnya meski tertutup dengan masker.

Angelina Sondakh sempat menunjukkah salah satu ruang khusus di area tempat berkebun untuk para warga binaan di dalam lapas.

"Disela-sela kesibukan kami berkebun, membaca buku, kita juga menyiapkan ruang khusus untuk shalat lima waktu," aku mantan istri mendiang Adji Massaid ini. (*)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Sisi Religius Angelina Sondakh: Minta Keanu Massaid Rajin Shalat, Hafal Quran hingga Jadi Guru Ngaji

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Surya

Baca Lainnya