Kabar Baik! Umrah Sudah Bisa Dilakukan, Kemenag Umumkan Jamaah Indonesia Pada 1 November Mulai Bertolak ke Jeddah

Minggu, 01 November 2020 | 07:00
Kompas

Kabar Gembira untuk Calon Jamaah, Arab Saudi Bakal Buka Kembali Umrah Secara Bertahap Mulai Tanggal Berikut!

GridStar.ID - Selama pandemi Covid-19 terjadi, ibadah umrah di tanah suci harus dihentikan untuk sementara waktu.

Pada ibadah Haji di tahun 2020 ini juga harus dibatasi selama pandemi, dan jamaah dari luar negeri tak bisa mengikutinya.

Namun setelah dilakuka pembatasan, dan melihat perkembangan penyebaran Covid-19 yang terjadi, akhirnya pemerintah Arab Saudi menerima kembali jemaah dari luar negeri.

Baca Juga: Kabar Terbaru, Arab Saudi Buat Aturan Tegas Bagi Para Jemaah yang Miliki Penyakit Ini Dilarang Laksanakan Umrah di Mekkah

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama Arfi Hatim memastikan, rombongan pertama jemaah umrah Indonesia sudah bisa bertolak ke Jeddah, Arab Saudi.

Ini merupakan rombongan pertama setelah penyelenggaraan umrah dihentikan sementara karena situasi pandemi virus corona di seluruh dunia sejak Februari 2020.

Akan tetapi, kata Arfi, Kemenag belum memberikan keterangan resmi dan masih memproses regulasinya.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Umat Muslim di Dunia, Pemerintah Arab Saudi Kembali Izinkan Umrah dalam 4 Tahap, Berikut Jadwal Lengkapnya!

"Iya, confirm. Jemaah dari Indonesia sudah bisa umrah mulai 1 November besok," kata Arfi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (31/10).

Arfi menyebutkan, sistem umrah ini bersifat Business to Business (B2B) antara penyelenggara umrah swasta di Arab Saudi dengan penyelenggara umrah di Indonesia yang bekerja sama untuk proses penerbitan visa.

Keberangkatan ini tidak melalui pemerintah, tetapi melalui agen perjalanan yang memberangkatkan jemaah.

"Tapi yang jelas confirm bisa berangkat besok," ujar Arfi.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Para Calon Jamaah, Arab Saudi Izinkan Kembali Umrah Secara Bertahap Mulai Tanggal Berikut!

Sudah mendapat nomor registrasi

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 59.757 jemaah umrah Indonesia sudah mendapat nomor registrasi untuk berangkat ke Tanah Suci.

Akan tetapi, keberangkatan mereka tertunda akibat pandemi virus corona yang kemudian diputuskan penutupan umrah sejak Februari 2020.

Dari jumlah itu, sebanyak 2.601 (4 persen) berusia di bawah 18 tahun dan 30.828 (52 persen) jemaah berusia di atas 50 tahun.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Umat Muslim di Dunia, Pemerintah Arab Saudi Kembali Izinkan Umrah dalam 4 Tahap, Berikut Jadwal Lengkapnya!

Para jemaah tersebut sudah mendaftar di Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan sudah diinput dalam Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (SISKOPATUH).

Untuk jemaah yang memenuhi kriteria usia tersebut, sebanyak 21.418 orang sudah mendapatkan nomor porsi.

Mereka adalah jemaah yang sudah melakukan pembayaran.

Baca Juga: Diduga Kuliti Aib Baim Wong, Nikita Mirzani Bikin Geger Stafnya Dituding Penjahat, Fitri Salhuteru Bersaksi: Aku Kenal Anak Itu, Umrah Bareng Dia, Kalau Terbukti Pencuri, Nikita Salah!

Dari 21.418 jemaah, sebanyak 9.509 orang bahkan sudah lunas, sudah mendapat visa, dan tiket keberangkatan saat terbitnya kebijakan penutupan oleh Saudi pada 27 Februari 2020. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul1 November 2020, Rombongan Pertama Jemaah Umrah Indonesia Bertolak ke Jeddah

Editor : Hinggar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya