Lahir dari Keluarga Beda Keyakinan, 17 Tahun Shandy Aulia Belajar Dua Agama hingga Akhirnya Berani Ambil Keputusan, sang Ayah: Hati Kecil Papah Pasti Berat

Sabtu, 12 September 2020 | 13:32
Via Tribunnews

Lahir dari Keluarga Beda Keyakinan, 17 Tahun Shandy Aulia Belajar Dua Agama hingga Akhirnya Pilih Salah Satu, sang Ayah: Hati Kecil Papah Pasti Berat

GridStar.ID - Shandy Aulia bercerita soal toleransi beragama di keluarganya.

Shandy Aulia rupanya lahir dari orang tua yang berbeda keyakinan, di mana sang ayah seorang muslim dan ibunya nonmuslim.

Baru-baru ini Shandy mengajak ayahnya berdiskusi soal keyakinan mereka masing-masing.

Baca Juga: Awalnya Beda Keyakinan, Nella Kharisma Resmi Menikah dengan Dorry Harsa dengan Pemberkatan, Pindah Agama?

Menurut sang ayah, ia selama ini bingung bagaimana menyampaikan kegelisahannya soal hal tersebut.

Alhasil, setiap malam ia selalu berdoa dan menangis agar momen itu tiba.

Doanya pun akhirnya dikabulkan, sang putri membuka omongan yang akhirnya membuat isi hati sang ayah selama ini bisa terungkap.

Baca Juga: Dituding Rela Mualaf Demi Bersanding di Pelaminan, Artis Cantik Ini Blak-Blakan Alasannya Memeluk Islam 2 Bulan Sebelum Menikah!

Dilansir dari Youtube Shandy Aulia Sabtu (12/9/2020), Shandy Aulia menceritakan kalau sejak ayah dan ibunya berpisah hubungan mereka tetap dekat.

Bahkan, ia masih ingat betul di mana dirinya saat itu masih mempelajari Islam.

"Waktu SD aku suka nginep di rumah papah, di rumah mamah, aku mengenal dua keyakinan, aku inget banget saat itu aku juga masih belajar shalat. Inget gak pah?," tanya Shandy Aulia membuka obrolan.

Baca Juga: Dinikahi Bule Beda Keyakinan yang Rela Mualaf, Artis Seksi Ini Telan Pil Pahit Harus Cerai dan Tak Lagi Tampil di Layar Kaca, Begini Tampilannya Setelah Hijrah!

"Betul betul," kata sang ayah.

"Baru saat aku mau masuk usia 17 tahun, aku akhirnya bisa bilang ke papah keyakinan ini (Kristen) yang aku pilih, apa yang membuat papah sampai hari ini mengerti dan kita jalan masing-masing?," tanya Shandy Aulia.

"Sebetulnya sih hati kecil papah pasti berat," jawab sang ayah.

Baca Juga: Selalu Dapat Hidayah saat Sholat Padahal Belum Muslim, Alice Norin Ungkap Alasannya Mantap Jadi Mualaf Setelah Lakoni Dua Keyakinan: Dua-Duanya Dijalanin

"Awalnya ya pah?," tanya Shandy Aulia.

"Tetap, ya mungkin sampai saat ini juga papah tetap mendoakan kamu supaya kamu dapat hidayah," ujar sang ayah yang dimaklumi putrinya.

Kemudian sang ayah pun sedikit menceritakan soal Islam dan Shandy Aulia tampak antusias mendengarkan.

Baca Juga: Salmafina Putuskan Pindah Keyakinan Setelah Cerai, Taqy Malik Bongkar Daftar Dosa Mantan Istrinya saat Menjadi Istri

"Aku inget banget waktu masih SD menjalani dua kepercayaan, lalu pas aku memilih Kristen, apa yang papah rasakan?," tanya Shandy Aulia lagi.

"Waktu itu karena papah belum mengenal agama, ya papah enggak jawab apa-apa. Cuma saat ini papah sudah mengenal agama yang sebenarnya, itu akan jadi tanggung jawab papah di akhirat terhadap kamu," tutur ayahnya.

Sang ayah pun mengaku selama ini mencari jawaban soal kasusnya dengan sang anak yang berbeda keyakinan.

Baca Juga: DJ Katty Butterfly bak Isyaratkan Pindah Keyakinan hingga Perlahan-lahan Pakai Hijab, Berharap Status Jandanya Berakhir dengan Pesinetron Tampan Ini?

Di mana menurut ahli agama Islam yang ia temui, seorang laki-laki harus bertanggung jawab nanti di akhirat apapun perbuatan anak-anaknya, sekalipun sudah dewasa.

"Kecuali dia masuk agama lain setelah dewasa, itu orangtua lepas tanggung jawab, tapi kalau masih kecil itu bertanggung jawab penuh. Menurut hadis katanya papah berat masuk surga," ujar sang ayah.

Mendengar itu, wajah Shandy Aulia pun tampak sedikit murung namun terus berusaha menjadi pendengar yang baik bagi anaknya.

Baca Juga: Pernah Diterawang Denny Darko Salah Satu Bakal Pindah Keyakinan Demi Pernikahan, Anne Avantie Mendadak Unggah Billy Syahputra dan Amanda Manopo Berbalut Kebaya Pengantin, Ada Apa?

"Katanya harus menasihati anak papah untuk ditarik ke agama Islam, kalau memang dia enggak mau, dinasihatin apa tetep enggak mau, ya Wallahu alam, kita sudah berusaha," ujar sang ayah sendu.

Shandy Aulia pun masih belum bicara banyak dan membiarkan sang ayah mengeluarkan seluruh isi hatinya.

"Saat ini yang papah harapkan hidup cuma satu San, sebetulnya terus terang aja, yang Papah setiap malam nangis dan keluar air mata, berdoa, hanya untuk kamu," katanya.

Baca Juga: Nikah Beda Keyakinan hingga Nekat Izinkan Suami Poligami, Begini Kehidupan Artis yang Kerap Dicap Seksi Ini Sekarang: Saya kasih Dia Cari Lagi, tapi...

Meski begitu, sang ayah menegaskan kalau dirinya tidak ingin memaksa putrinya untuk masuk agama Islam.

"Semata-mata, untuk kalau bisa kamu mendapatkan hidayah untuk mempelajari agama Islam. Bukannya masuk Islam, belajar memperdalam agama Islam dan memperdalam agama kamu, di mana titik temunya. Nanti kamu bisa menentukan," tuturnya dengan sangat lembut.

Ia juga mengatakan kalau saat ini dirinya sudah tidak memikirkan dunia, pekerjaan, dan apapun yang lainnya.

@shandyaulia

Kebersamaan Shandy Aulia dengan ketiga kakak kandungnya yang beragama islam

Baca Juga: Selalu Dapat Hidayah saat Sholat Padahal Belum Muslim, Alice Norin Ungkap Alasannya Mantap Jadi Mualaf Setelah Lakoni Dua Keyakinan: Dua-Duanya Dijalanin

"Hanya satu yang papah pikirin, demi Allah, hanya kamu yang ingin papah selamatkan, mendoakan supaya kamu mendapat hidayah untuk mempelajari agama Islam yang sebenarnya," kata sang ayah.

"Ada gak pikiran papah untuk memaksakan, kita harus seiman?," tanya Shandy Aulia penasaran.

"Tidak boleh dipaksa, tapi setiap malam papah selalu berdoa agar Allah berikan hidayah kepada Shandy dan keluarganya," kata dia.

Baca Juga: Rela Tinggalkan Keyakinan Lamanya Demi Nikahi Pria Kaya Raya, Begini Nasib Rianti Cartwright Setelah Dipersunting Warga Negara Asing, Tinggal di Hunian ala Luar Negeri!

Bahkan menurut sang ayah, doa-doanya selama ini akhirnya dijawab oleh Allah SWT.

Ia mengaku khawatir hubungannya dengan sang anak akan renggang jika membicarakan soal agama.

"Papah selama ini belum pernah bilang ini ke kamu, kalau kamu tidak buka ini. Papah sudah lama ingin bicara soal ini, tapi papah berpikir kamu masih muda nanti kamu akan marah," kata ayahnya.

Baca Juga: 23 Tahun Baru Dibaptis, Begini Reaksi Ibunda Marsha Aruan saat Putrinya Disebut Baru Pindah Keyakinan: Biar Waktu yang Menjelaskan Semuanya

"Enggak lah," jawab Shandy Aulia dengan wajah riang.

"Alhamdulillah sore ini Allah memberikan jalan, kamu membuka soal agama, itu yang selama ini yang ingin papah sampaikan ke kamu, demi Allah," kata sang ayah lagi.

Menurut sang ayah, selama ini ia selalu bilang kepada istrinya yang sekarang, bahwa hidupnya kini hampa dan tak ada artinya.

Baca Juga: Celine Evangelista Punya Keinginan Jadi Mualaf Usai Merasakan Kenyamanan Memakai Hijab Syar'i Tetapi Masih Terbentur dengan Hal Ini

"Cuma satu yang aku ingin yaitu Shandy, pengen sekali ngomong sama dia untuk belajar agama Islam, untuk dia masuk atau enggak itu urusan nomor 10," kata dia.

Hal itu pun diamini oleh Shandy Aulia dengan anggukan kepala.

"Itu yang ingin papah sampaikan kepada kamu Shan, dan sore ini ya Allah, Allah telah membuka papah jalan, papah cuma takut nanti kamu tersinggung," kata dia.

Baca Juga: Celine Evangelista Punya Keinginan Jadi Mualaf Usai Merasakan Kenyamanan Memakai Hijab Syar'i Tetapi Masih Terbentur dengan Hal Ini

Kembali Shandy Aulia menegaskan kalau dirinya sama sekali tidak keberatan.

Ia bahkan memperlihatkan wajah senang bisa membicarakan itu dengan ayahnya.

"Alhamdulillah Allah membukakan, kamu lebih dulu membahas soal agama.

Baca Juga: Putuskan Nikah Meski Beda Keyakinan Gegara Istrinya Hamil Duluan, Mantan Vokalis Band Ini Rupanya Dapat Wanti-Wanti dari Ayah Mertua: Anak Gua Harus Tetep Sholat!

Ternyata doa papah selama ini didengar oleh Allah, papah ingin menasihati Shandy dan kamu sudah lebih dulu membuka omongan," kata ayahnya lagi.

Sang ayah pun mengaku sempat ingin mengirim video pendeta yang masuk Islam, namun ia ragu karena khawatir menyinggung sang anak.

Tapi Shandy Aulia menegaskan dirinya sama sekali tidak keberatan dan meminta ayahnya mengirimkan video seperti itu.

Baca Juga: Bukan Settingan, Amanda Manopo dan Billy Syahputra Serius Pacaran Sampai Rencanakan Pernikahan Tahun Depan, Denny Darko: Akan Ada yang Pindah Keyakinan

"Papah bersyukur, jadi selanjutnya kalau papah ada video papah enggak segan kirim ke kamu, bukan untuk memaksa, tapi demi keselamatan kamu untuk di akhirat," kata ayanya.

Ucapan itu pun disetujui Shandy Aulia dengan anggukan kepala.

Terkahir, Shandy Aulia membacakan surat cinta kepada ayahnya.

Baca Juga: Bukan Settingan, Amanda Manopo dan Billy Syahputra Serius Pacaran Sampai Rencanakan Pernikahan Tahun Depan, Denny Darko: Akan Ada yang Pindah Keyakinan

Saat itu, sang ayah pun menangis mendengar isi hati putrinya lalu keduanya berpelukan.

(*)

Artikel ini telah tayang di tribunnewsbogor.com dengan judul Shandy Aulia Belajar Islam, Sang Ayah: Setiap Malam Papah Bedoa dan Menangis Hanya untuk Kamu

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : TribunnewsBogor.com

Baca Lainnya