Tak Kehabisan Akal saat Pandemi Covid-19 Menyerang, Hotel Mewah Ini Sulap Kolam Renang Berkelasnya Jadi Tambak Ikan Demi Bisa Gaji Karyawannya

Minggu, 30 Agustus 2020 | 13:32
Kolase Aveda Resort and Spa dan Facebook/The Australian

Tak Kehabisan Akal Meski Ikut Terdampak Pandemi Covid-19, Hotel Mewah Ini Sulap Kolam Renang Berkelasnya Menjadi Tambak Ikan Demi Menggaji Karyawannya yang Tak Dipecat.

GridStar.ID – Awal tahun 2020 dunia diterpa masalah tak main-main yaitu pandemic Covid-19.

Tak hanya berdampak pada kesehatan namun juga memberi pengaruh terhadap perekonomian masyarakat.

Sektor pariwisata menjadi salah satu yang terkena dampak wabah virus corona.

Baca Juga: 3 Pasien Covid-19 di Banyumas Meninggal Dunia Mendadak Padahal Kesehatannya Tak Menurun, Waspada Happy Hypoxia Gejala Corona Baru yang Bisa Menyebabkan Kehilangan Kesadaran

Bisnis seperti perhotelan banyak yang tak bisa beroperasi karena adanya larangan untuk bepergian ke lain daerah.

Karena itu, mereka yang bergelut di dunia ini harus memutar otaknya agar bisa bertahan di tengah krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 ini.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu hotel di India ini.

Baca Juga: Bak Angin Segar Berakhirnya Pandemi Corona, Pemerintah Pastikan Stok Vaksin Covid-19 untuk Indonesia Aman, Negara Produsen Tetap Dipantau

Dilansir Sosok.ID dari Oddity Central, resort yang terletak di negara bagian Kerala itu menyulap kolam renang mewahnya menjadi empang ikan.

Aveda Resort and Spa di Kumarakom, Kerala, India terpaksa berhenti beroperasi pada bulan Maret.

Tepatnya ketika Negeri Bollywood memberlakukan lockdown.

Baca Juga: Bak Angin Segar Pertanda Berakhirnya Pandemi Corona, 50 Juta Bulk Vaksin Covid-19 Sinovac Siap Diterima Bio Farma Mulai November!

Hingga kini pun resort tersebut masih ditutup.

Karena itu, untuk memastikan para pekerjanya tidak menganggur dan bisa tetap menghasilkan uang, manajemen berinovasi.

Yakni, dengan menyulapkolam renangyang mampu menampung 7,5 juta liter air menjadiempanguntuk beternakikan.

Baca Juga: Kabar Buruk, Vaksin Covid-19 Disebut Tak Bisa 100 Persen Sembuhkan Corona, Tingkat Keganasan Jenis Virus di Asia Tenggara Lebih Tinggi dengan Gejala Lebih Parah

Dengan demikian, resort tersebut dapat membayar berbagai tagihan dan bertahan hingga pariwisata dibuka nanti.

"Pendapatan kami nol, jadi pada bulan Juni, kami menempatkan sekitar 16.000ikanbintik mutiara (sejenis gurame) yang berusia 2 bulan dikolamitu," kata manajer umum Aveda, Jyotish Surendran, kepada AFP.

"Kami berencana memanenikan-ikanitu pada November mendatang dan mengekspornya ke Timur Tengah."

Baca Juga: Patut Diacungi Jempol, Jubir Satgas Covid-19 Sebut Penanganan Virus Corona di Indonesia Lebih Baik dari Rata-Rata Dunia!

Surendran memperkirakan Aveda bisa memanen sekitar empat juta tonikanbintik mutiara dariempangdadakan tersebut.

Jumlah itu ditaksir bisa menghasilkan sekitar 40.000 dolar (sekitar Rp 581 juta).

Jumlah tersebut memang tak bisa menutup total kerugian yang dialami resort itu selama masa lockdown.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Virus Corona Bermutasi 10 Kali Lebih Ganas di Negara Tetangga, Ahli Sebut Vaksin Covid-19 Tak Bakal Efektif Melawannya!

Tetapi setidaknya hal itu tak membuat para karyawannya menganggur dan bisa membantu membayar biaya tagihan pemeliharaan gedung.

"Kolam persegi panjang ini memiliki panjang 150 meter dan 50 meter dengan kedalaman yang ideal untuk budidaya.

"Kami mulai membudidayakan ikan pada 1 Juni, yang akan memberi cukup waktu untuk panen menjelang natal nanti," tambah manajer itu.

Baca Juga: Belum Usai Pandemi Corona, Mbah Mijan Justru Beri Peringatan soal Bencana Dahsyat Mengintai setelah Lihat Tanda-Tanda dalam Awan Berbentuk Tsunami

"Setelah berkonsultasi dengan ahlinya, kami memutuskan untuk membudidayakan ikan bintik mutiara karena memang endemik dari wilayah ini.

"Jadi kami mengosongkan kolam dan memompa air tawar dari Danau Vambanad untuk menyediakan lingkungan yang ideal bagi 16.000 bibit yang kami beli dari empat tempat."

Setelah merasakan menjadi peternak ikan, staf hotel itu tidak mau berhenti melakukannya sampai nanti pariwisata kembali dibuka.

Baca Juga: Disebut Telah Sembuhkan 750 Pasien Corona, Ini 3 Fakta Temuan Obat Covid-19 yang Tinggal Tunggu Izin Edar dari BPOM

Manajemen Aveda Resort and Spa bahkan telah berencana untuk melanjutkan budidaya ikan itu di dekat resort.

Agar setidaknya budidaya itu bisa menjadi sumber ikan segar untuk para tamu hotel.(*)

Artikel ini telah tayang di Gridhot.id yang berjudulOgah Pecat Karyawan Meski Ekonomi Anjlok Semenjak Corona, Hotel Mewah Ini Nggak Hilang Akal Agar Gajian Tetap Lancar, Kolam Renang Mewahnya Berubah Total Jadi Tambak Ikan

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : GridHot.ID

Baca Lainnya