China Bawa Kabar Gembira, Sudah Ada Kandidat Vaksin Corona yang Terbukti Efektif Melawan Semua Strain Covid-19! Pandemi Bakal Segera Berakhir?

Jumat, 17 Juli 2020 | 13:32
Tribunnews

(Ilustrasi) China Bawa Kabar Gembira, Sudah Ada Kandidat Vaksin Corona yang Terbukti Efektif Melawan Semua Strain Covid-19! Pandemi Bakal Segera Berakhir?

GridStar.ID - Wabah virus covid-19 di masih menjadi pandemi di seluruh dunia.

Hingga kini, para ilmuwan masih berusaha mengembangkan vaksin covid-19 yang diperkirakan akan selesai pada 2021 mendatang.

Salah satu vaksin tidak aktif covid-19 kini tengah dikembangkan China disebut sudah terbukti efektif bisa melawan strain virus corona.

Baca Juga: Nasib Malang, Nyawa Anak Lelaki Ini Melayang Usai Kehilangan Kesadaran karena Alat Tes Swab Covid-19 Patah di dalam Hidungnya, Pihak Rumah Sakit Ungkap Hal Mengejutkan

Vaksin itu juga memiliki tingkat reaksi merugikan yang lebih rendah daripada kandidat vaksin berjenis sama yang sedang diteliti, ujar kepala produsen kandidat vaksin kepada Global Times dalam sebuah wawancara eksklusif pada hari Senin (13/7/2020).

"Vaksin inaktif yang kami kembangkan dapat mencakup semua jenis virus corona yang telah terdeteksi sejauh ini, termasuk jenis virus yang dilacak di pasar Xinfadi di Beijing," ujar Yang Xiaoming, presiden Grup Farmasi Nasional China (Sinopharm).

Pernyataan itu sekaligus menanggapi kekhawatiran publik bahwa vaksin dalam proses R&D menjadi tidak efektif ketika virus bermutasi.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Sri Mulyani Ungkap Jumlah Penduduk Miskin Naik hingga 1,23 Juta Akibat Wabah Covid-19 per Maret 2020

Tim peneliti telah melakukan percobaan perlindungan silang untuk menguji apakah anti-serum yang diperoleh dengan mengimunisasi hewan dapat menghasilkan respons kekebalan terhadap berbagai genotipe strain virus corona, ujar Yang.

Kandidat vaksin tidak aktif COVID-19 dari Sinopharm telah dikirim ke uji klinis fase tiga.

Sudah ada 4 juta dosis vaksin yang disiapkan.

Baca Juga: Bukan DKI Jakarta atau Jawa Timur, Presiden Jokowi Beri Apresiasi Kerja Gubernur dari 5 Provinsi yang Terbaik Tangani Covid-19, Wilayah Mana Saja?

Yang berkata pihaknya saat ini menyimpan lebih banyak vaksin COVID-19.

Setelah satu kandidat disetujui untuk dipasarkan, perusahaan akan segera dapat memberikan sebanyak mungkin dosis vaksin yang dibutuhkan untuk seluruh negeri.

Yang memperkirakan bahwa vaksin COVID-19 yang tidak aktif akan tersedia di pasaran pada akhir tahun ini atau awal 2021.

Baca Juga: Kasus Baru Wabah Covid-19 Masih Tinggi, PNS Diperbolehkan Lakukan Perjalanan Dinas, Tapi dengan Syarat Ini!

Dua kandidat vaksin COVID-19 yang tidak aktif yang dikembangkan secara terpisah oleh institut Sinopharm di Beijing dan Wuhan telah memasuki uji klinis pada bulan April.

Hasil uji klinis fase satu dan dua dari dua kandidat itu terungkap pada bulan Juni.

Hasil menunjukkan bahwa semua reseptor telah menciptakan antibodi titer yang tinggi.

Baca Juga: Juli hingga September Masa Rawan Penularan, Kapan Pandemi Corona Berakhir di Indonesia?

Skeptisisme dan pesimisme vaksin COVID-19 yang dikembangkan China telah dimunculkan di beberapa media Barat.

Pemberitaan di media Barat disebut melebih-lebihkan rasio efek samping yang dilaporkan dalam uji klinis tahap awal dari kandidat vaksin lain, vaksin virus corona novel rekombinan Ad5-nCoV.

Para ahli vaksin menyarankan masyarakat untuk tidak panik atas efek samping yang terungkap dalam hasil awal dari vaksin virus corona yang dikembangkan oleh China.

Baca Juga: Status Kota Solo Naik Jadi Zona Hitam, 25 Mahasiwa Positif Covid-19 Usai Nekat Adakan Pesta Wisuda, Ganjar Pranowo Langsung Angkat Suara

Sebab, reaksi merugikan yang terpapar dapat ditoleransi dan vaksin tersebut terus dioptimalkan.

Yang juga mengungkapkan bahwa lebih dari 1.000 karyawan kelompok Sinopharm telah menerima suntikan secara sukarela.

Hasilnya menunjukkan tren yang menjanjikan bahwa vaksin tersebut aman dan efektif, dengan insiden rendah dan tingkat reaksi buruk.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Kembali Memberikan Prediksi Puncak Penyebaran Covid-19 di Indonesia Berada di Bulan Ini, Asalkan...

Pada akhir Mei, 180 sukarelawan dari Sinopharm menerima vaksinasi COVID-19 yang tidak aktif.

Antibodi mereka telah mencapai tingkat yang kebal terhadap virus corona dengan tingkat perlindungan 100 persen.

Pada 23 Juni, Sinopharm menandatangani perjanjian dengan pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) untuk melakukan uji klinis kandidat vaksin COVID-19 fase tiga di negara tersebut.

Baca Juga: Ubah Istilah New Normal, Jubir Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19 Minta Ganti Diksi dengan Adaptasi Kebiasaan Baru, Ini Alasan di Baliknya

Uji coba klinis kandidat vaksin COVID-19 fase tiga pertama di dunia telah diluncurkan.

Administrasi Produk Medis Nasional China pada hari Kamis menekankan perlunya mempromosikan pengembangan dan pemasaran vaksin COVID-19, dan mengambil inisiatif untuk membantu perusahaan farmasi melanjutkan pekerjaan dan produksi.

Karena China dan AS telah diberi harapan besar untuk menyediakan obat mujarab untuk virus corona, kecepatan Litbang masing-masing vaksin telah menarik banyak perhatian media.

Baca Juga: Setelah Amitabh Bachchan dan Abhishek Dikabarkan Positif Covid-19, Kini Giliran Menantu dan sang Cucu Ikut Terinfeksi

Beberapa menyebut pengembangan vaksin menjadi "perlombaan antara dua negara yang saat ini terjebak dalam ikatan yang tegang."

Pakar medis terkemuka AS Anthony Fauci menyatakan keyakinannya pada prospek vaksin AS pada hari Rabu (15/7/2020).

Ia mengatakan tidak mengharapkan Cina untuk memenangkan perlombaan vaksin ini, lapor Reuters.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Jubir Gugus Tugas Covid-19 di Daerah Ini dan Keluarganya Dikonfirmasi Positif Virus Corona, Diduga Berawal dari Tugas di Sebuah Dusun

"Perang vaksin Covid-19 antara AS dan China terlihat seperti perlombaan menuju bulan," ujar Lawrence Gostin, direktur Institut O'Neill untuk Universitas Nasional dan Nasional Hukum Kesehatan Global, seperti dikutip dalam laporan Business Insider.

"Menjadi yang pertama mengembangkan perawatan dan vaksin akan menjadi titik kebanggaan nasional."

"Kami berpacu dengan virus corona tetapi tidak dengan AS untuk menjadi yang pertama dengan vaksin yang berhasil".

Baca Juga: Kalang-kabut bak Tersambar Petir di Siang Bolong, Negara Ini Umumkan Kenaikan Kasus Covid-19 dalam Sehari Capai 70 Ribu, Jadi Rekor Tertinggi di Dunia!

Yang berpendapat, bahwa semua upaya mereka adalah bagian dari komitmen China untuk membuat vaksin tersedia untuk masyarakat internasional.

Yang mengatakan ia berharap untuk melihat vaksin yang dikembangkan China terhadap virus corona dapat diakses dan terjangkau bagi negara-negara berkembang.

Ia mengharapkan kerjasama global lebih lanjut dalam uji coba vaksin Covid-19 untuk membantu menghentikan pandemi yang telah menginfeksi jutaan orang di dunia ini. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kandidat Vaksin Buatan China Terbukti Paling Ampuh Melawan Semua Strain Virus Corona

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : tribunnews

Baca Lainnya