Rupiah Ikut Melemah Gara-Gara Singapura Resesi, Berikut Fakta Soal Pemerosotan Ekonomi Terburuk Sepanjang Sejarah di Negara Tetangga!

Rabu, 15 Juli 2020 | 20:00
KOMPAS.com/ ERICSSEN

Rupiah Ikut Melemah Gara-Gara Singapura Resesi, Berikut Fakta Soal Pemerosotan Ekonomi Terburuk di Negara Tetangga!

GridStar.ID - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg Selasa (14/07) rupiah ditutup pada level Rp 14.450 per dollar AS atau melemah 25 poin sebesar 0,17 persen dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.424 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan pelemahan rupiah sore ini terdorong oleh sentimen memburuknya ekonomi Singapura sebagai penyumbang investasi terbesar di Indonesia.

Baca Juga: Bak Kena Karmanya, Berkali-kali Klaim Kebudayaan Milik Indonesia, Rakyat Malaysia Kini Gigit Jari Miliknya Dicolong Negara Tetangga

Hari ini Singapura resmi mengalami resesi dengan ekonomi minus 41,2 persen pada kuartal II tahun 2020.

Negara pulau ini sebelumnya juga mengalami penurunan PDB sejak kuartal sebelumnya.

Penyebab utama resesi Singapura disebabkan penutupan yang cukup lama pada sejumlah sektor bisnis terutama perdagangan pasca-mewabahnya pandemi virus corona ( Covid-19).

Baca Juga: Habiskan Pengobatan Rp 3,5 Miliar di Singapura dengan Uang Negara, Novel Baswedan Diminta Sosok Ini Kembalikan Biayanya: Murni Kasus Pribadi Bukan Kasus Politik...

Kebijakan lockdown telah menimbulkan kerusakan pada ekonomi negara itu yang sangat bergantung dari perdagangan.

Melansir Kompas.com, berikut beberapa fakta terkait resesi ekonomi yang melanda Singapura:

1. Berdampak serius pada investasi ke Indonesia

Baca Juga: Kabar Buruk! Beberapa Hari Temukan Kasus Positif Covid-19 Lebih dari Seribu Orang, Indonesia Jadi Nomor Satu di ASEAN Setelah Lampaui Singapura dengan Kasus Mencapai 41 Ribu Orang Terkonfirmasi

BKPM melaporkan, Singapura adalah negara yang paling banyak berinvestasi di Indonesia pada kuartal I 2020.

Selama periode Januari-Maret 2020, investasi asing yang masuk dari Singapura mencapai 2,7 miliar dollar AS atau 40 persen dari total Penanaman Modal Asing (PMA).

Salah satu faktor tingginya investasi Singapura karena tidak murni dari Singapura, seperti dari Korea Selatan, China, Amerika Serikat maupun Eropa.

Baca Juga: Bikin Merinding! Perempuan Indigo Ini Ungkap Gempa Hingga 9 SR Akan Terjadi di 4 Negara Termasuk Indonesia di Bulan Ini

Singapura juga salah satu penyumpang kunjungan turis terbanyak ke Indonesia.

Di sektor perdagangan, negara ini tercatat berkontribusi sebesar 6,57 persen dari total ekspor non-migas Indonesia per Mei 2020.

2. Resesi terburuk sejak merdeka

Singapura yang selama ini dikenal sebagai negara yang ekonomi cukup tangguh di Asia pernah terjebak resesi pada tahun 1985.

Tribunnews

Nilai mata uang rupiah melemah terimbas resesi Singapura

Baca Juga: Penelitian Asal Singapura Beberkan Berakhirnya Wabah Virus Corona di Indonesia Tidak Sesuai dengan Prediksi Awal yang Sebut Bulan Juli, Lalu Kapan?

Resesi tersebut merupakan yang pertamakalinya terjadi sejak negara itu merdeka pada tahun 1965.

Negara ini juga terdampak beberapa krisis keuangan global namun bisa memulihkan diri dengan cepat setelah sempat mengalami resesi, seperti saat krisis ekonomi melanda Asia pada periode 1997-1998 dan krisis keuangan global pada 2008-2009.

Bahkan sejumlah pejabat, seperti dilansir Straitstimes, menyebut kalau resesi tajun ini bisa jadi resesi terburuk Singapura.

Baca Juga: Bak Angin Segar, Virus Corona di Indonesia Diprediksi Mulai Berakhir Bulan Juni, Peneliti Singapura Ungkap Covid-19 Hilang 100 Persen dari Bumi pada Desember: Jangan Lengah Tetap Waspada Hal Ini!

Negara ini juga mulai melonggarkan lockdown untuk mengurangi dampak ekonomi.

Per 19 Juni lalu, Singapura sudah mulai membuka sebagian besar toko dan restoran sejak diberlakukan lockdown.

3. Sektor konstruksi paling terdampak

Dilansir dari Bloomberg, sektor konstruksi di Singapura adalah yang paling parah terdampak lockdown.

Baca Juga: Angin Segar, Jokowi Ketok Palu Aturan Usaha hingga Aktivitas Rakyat Agar Bisa Kembali Normal, Peneliti Singapura Kabarkan Corona di Indonesia Berakhir Oktober

Sektor ini terjun hingga 95,6 persen dibandingkan pada kuartal sebelumnya, dan merosot hingga 54,7 persen jika dibandingkan tahun lalu di periode yang sama.

Lalu sektor manufaktur juga turun hingga 23,1 persen dibandingkan kuartal lalu.

Kemerosotan ekonomi bisa tercermin dari kondisi industri manufaktur yang sangat bergantung pada ekspor.

Baca Juga: Posisinya Sempat Aman Lantaran Tanggap Ambil Tindakan saat Covid-19 Mulai Mewabah, Singapura Geser Indonesia Jadi Peringkat Pertama Kasus Terbanyak Virus Corona di Asia Tenggara, Kok Bisa?

Sektor ritel yang lesu dan perdagangan luar negeri yang lumpuh prkatis membuat sektor ini terpukul berat.

Singapura jadi negara pertama yang melaporkan data PDB triulanan.

Pembatasan sosial demi kesehatan bagaikan pisau bermata dua, dengan sektor pariwisata dan penunjang ekonomi lainnya.

(*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Bloomberg, kompas

Baca Lainnya