Kabar Gembira Disampaikan Langsung oleh Juru Bicara Covid-19, Vaksin Virus Corona Buatan Lokal Siap Diproduksi Massal pada 2021, Berikut Penjelasannya!

Kamis, 09 Juli 2020 | 11:02
foto via Tribun Style

Kabar Gembira Disampaikan Langsung oleh Juru Bicara Covid-19, Vaksin Virus Corona Buatan Lokal Siap Diproduksi Massal pada Tahun 2021, Berikut Penjelasannya!

GridStar.ID - Pandemi virus corona masih menyelimuti tanah air.

Jumlah pasien masih terus bertambah setiap harinya.

Hingga hari ini Kamis (09/07) tercatat 68.079 kasus positif Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Berbulan-bulan Berpendapat Bahwa Covid-19 Ditularkan Melalui Droplet, WHO Akhirnya Akui Temuan 239 Ilmuwan dari 32 Negara yang Ungkap Virus Corona Bisa Menular Melalui Udara

Selebihnya, pasien meninggal dunia akibat Covid-19 dikabarkan mencapai 3.359 orang.

Sementara itu pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh total berkisar 31.585 pasien.

Sampai saat ini pemerintah Indonesia dikabarkan masih mengupayakan untuk menekan wabah virus corona di Tanah Air.

Baca Juga: Presiden Brasil Kini Kena Getahnya dan Positif Covid-19 Setelah Anggap Virus Corona Remeh Meski Ribuan Orang Terinfeksi, Ini Deretan Penyataan Kontroversial sang Pemimpin

Kali ini pemerintah akhirnya membawa secercah harapan mengenai vaksin Covid-19 buatan lokal.

Pengumuman dari pemerintah tersebut disampaikan oleh Reisa Broto Asmoro.

Seperti diketahui kalau Dokter Reisa kini menjadi bagian dari Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Baca Juga: Viral Video Ratusan Warga Paksa Buka Peti Jenazah Pasien Covid-19 di Sulawesi Selatan, Petugas Tak Bisa Berdaya, Kerabat Ngotot: Gara-Gara Tertusuk Kelor Dinyatakan Corona, Kami Menolak!

Pemerintah mengungkap bahwa calon vaksin akan diproduksi massal.

Kapan waktunya?

Terkait hal tersebut, Reisa Broto Asmoro mengungkapkan bahwa calon vaksin siap secara massal di pertengahan tahun 2021.

"Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kementerian Riset dan Teknologi Prof Ali Ghufron Mukti memprediksi, vaksin lokal akan diproduksi massal dan akan tersedia bagi masyarakat Indonesia pertengahan 2021," kata Reisa dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Baca Juga: 5 Fakta Kalung Antivirus Corona yang Dibuat Kementerian Pertanian, Dapat Izin Edar hingga Segera Diproduksi Masal, Yakin Ampuh?

Reisa mengatakan, dari 15 tahapan yang harus dipenuhi.

Sementara itu, calon vaksin lokal sudah berhasil melalui 8 tahapan dan akan menuju ke tahapan berikutnya dalam waktu yang cukup lama.

Menurut dia, vaksin lokal tersebut diprioritaskan diberikan untuk kelompok usia lanjut dan mereka yang memiliki penyakit penyerta.

Fresh Daily via Tribunnews.com
Fresh Daily via Tribunnews.com

Ilustrasi Vaksin Covid-19

Baca Juga: Digadang-gadang Sembuhkan Covid-19, WHO Hentikan Penggunaan 2 Obat Ini sebagai Penangkal Virus Corona, Ada Apa?

"Kita yang masuk populasi ini memerlukan sekali perlindungan dari Covid-19 dan upaya ini tidak sendiri," ucap dia.

Selain itu, Reisa mengatakan, ada beberapa jenis calon vaksin yang mulai diuji coba kepada manusia.

Serta beberapa calon vaksin dalam tahap uji klinis.

Baca Juga: Orang Dekat Donald Trump Dikabarkan Terinfeksi Covid-19 Tanpa Gejala, Putra Presiden AS Langsung Isolasi Diri dan Batalkan Semua Acara

"5 calon vaksin di 3 negara yakni di China, 3 di Amerika Serikat dan 2 di Inggris dan 2 uji coba dilakukan pada tempat di Australia, Jerman, dan Rusia," kata Reisa.

Lebih lanjut, Reisa mengingatkan, sebelum vaksin tersebut diberikan secara massal, masyarakat diminta wajib melindungi diri dan sekitarnya dari penyebaran Covid-19.

Ia kembali mengimbau warga untuk menjaga jarak, mengenakan masker, dan mencuci tangan sesering mungkin dengan air mengalir serta sabun.

Baca Juga: Surabaya Disebut Bakal Jadi Seperti Wuhan, Wali Kota Tri Rismaharini Justru Beri Tanggapan Tak Terduga: Saya Nggak Ngurus Itu

"Kita ketahui bersama cara yang mudah, cara yang lebih singkat yakni jaga jarak aman 1 sampai 2 meter. Pakai masker dengan benar dan cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir paling tidak selama 20 detik, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang," kata dia.

(*)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul Pemerintah: Vaksin Lokal Covid-19 Siap Diproduksi Massal Pertengahan 2021

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Kompas

Baca Lainnya