Follow Us

Berbulan-bulan Berpendapat Bahwa Covid-19 Ditularkan Melalui Droplet, WHO Akhirnya Akui Temuan 239 Ilmuwan dari 32 Negara yang Ungkap Virus Corona Bisa Menular Melalui Udara

Hinggar - Rabu, 08 Juli 2020 | 19:02
Ilustrasi orang dengan masker
al jazeera

Ilustrasi orang dengan masker

GridStar.ID - Para peneliti sempat mendesak WHO untuk merevisi pernyataannya terkait dengan virus corona yang dikatakan hanya menyebar melalui droplet.

Sebanyak 239 ilmuwan dari 32 negara malah menemukan bukti lain terkait dengan pernyataan dari (Organisasi Kesehatan Dunia) tersebut.

Seorang ahli kimia dari University Colorado, Jose Jimenez, mengatakan bahwa pihaknya ingin sekali WHO mengonfirmasi bahwa virus corona bisa menular melalui partikel-partikel kecil yang melayang di udara.

Baca Juga: Presiden Brasil Kini Kena Getahnya dan Positif Covid-19 Setelah Anggap Virus Corona Remeh Meski Ribuan Orang Terinfeksi, Ini Deretan Penyataan Kontroversial sang Pemimpin

"Ini jelas bukan serangan terhadap WHO, ini merupakan debat ilmiah. Tetapi, kami merasa harus mengumumkan kepada publik karena WHO menolak bukti ini," kata Jimenez, sebagaimana dilansir BBC, Selasa (07/07).

Mereka menemukan bukti bahwa partikel Covid-19 lebih kecil bisa menginfeksi manusia.

Peneliti mengklaim bahwa virus corona bisa menyebar di udara dan menginfeksi orang saat dihirup.

Baca Juga: Banyak Keluhan Harga Mahal, Kemenkes Ketuk Palu, Sudah Tetapkan Tarif Tertinggi untuk Biaya Rapid Test Covid-19, Lebih Terjangkau?

Jika virus corona bisa ditularkan melalui udara, sistem ventilasi gedung publik membutuhkan filter baru yang kuat dan masker yang dikenakan di dalam ruangan.

WHO sendiri sebelumnya menyampaikan bahwa penyebaran utama virus ini dari orang ke orang melalui tetesan atau cairan kecil dari hidung atau mulut ketika seseorang yang sudah terinfeksi virus corona batuk, bersin atau bicara.

Source : Kompas.com, Gridhealth

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest