Supaya Tagihan Tak Membengkak, Masyarakat Bisa Kirimkan Bukti Foto Meteran Listrik pada PLN! Ini Cara Mudahnya

Rabu, 24 Juni 2020 | 22:00
Kompas.com

Supaya Tagihan Tak Membengkak, Masyarakat Bisa Kirimkan Bukti Foto Meteran Listrik pada PLN! Ini Cara Mudahnya

GridStar.ID - Tagihan listrik yang membengkak menyebabkan PLN menjadi sorotan.

Tak sedikit warga yang mengeluhkan jika tagihan naik dengan tarif taik wajar.

Namun, baru-baru ini PLN akan melakukan trobosan baru demi menekan tagihan listrik yang membengkak.

Baca Juga: Lonjakan Tagihan Listrik Mencekik, DPR Tagih Penjelasannya pada Direksi PLN! Keduanya Sepakati 8 Hal Ini

PT PLN (Persero) kembali melakukan pencatatan dan pemeriksaan stand meter ke rumah pelanggan pascabayar mulai bulan Juni ini.

Namun, bagi rumah pelanggan yang masih belum bisa dikunjungi, PLN kembali menyiapkan layanan melalui Whatsapp atau WA di nomor terpusat bagi pelanggan yang ingin melaoporkan angka stand dan foto kWh meter secara mandiri.

Dikutip dari keterangan resmi PLN, untuk pelaporan Juni, pengiriman foto dapat mulai dilakukan besok, Rabu (24/6/2020), hingga Sabtu (27/6/2020) besok.

Baca Juga: Bak Tersambar Petir di Siang Bolong, Warga Kota Malang Menjerit saat Tahu Tagihan Listriknya Membengkak Rp 20 Juta, Kisahnya Viral di Media Sosial: Benar-Benar Seperti Mimpi!

Pelaporan angka meteran listrik dapat dilakukan oleh pelanggan sesuai tanggal pencatatan meter masing-masing pelanggan yang akan diinformasikan pada awal proses lapor meteran listrik melalui WhatsApp.

Laporan dari pelanggan yang dikirimkan lewat WA tersebut nantinya akan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik pelanggan setiap bulannya.

Berikut cara mengirimkan foto meteran listrik PLN via Whatsapp.

Baca Juga: Lonjakan Tarif Listrik 100 Persen Bikin Menjerit, Direktur PT PLN Malah Terang-terangan Tuding Hal Ini Jadi Penyebabnya!

1. Hubungi PLN melalui WA di nomor 08122 123123

2. Ketik Halo

3. Ketik 2 untuk melakukan baca meteran sendiri

Baca Juga: Tak Sulit, Begini Step by Step Daftar Token Listrik Gratis PLN Selama Bulan Mei 2020

4. Baca informasi yang muncul

5. Masukan ID pelanggan

6. Jika ID pelanggan dan hari baca sudah sesuai, silahkan ketik angka stand kWh meter Ambil dan kirimkan foto kWh meter (angka stand harus terlihat jelas)

7. Selesai. PLN akan melakukan verifikasi data yang telah dikirimkan pelanggan.

Baca Juga: Jadi Misteri, Pelanggan Keluhkan Tarif Listrik Bulan Ini Bengkak hingga 2 Kali Lipat, Pihak PLN Akhirnya Ungkap Penyebabnya, Ada Apa?

Jika pelanggan tidak dapat mengirimkan angka stand dan foto pada tanggal baca mandiri yang disediakan bagi pelanggan pada tanggal 24-27 Mei, maka angka stand yang akan digunakan adalah hasil dari baca petugas PLN.

Tetapi jika pelanggan tidak dapat mengirimkan foto angka stand meter ataupun tidak dapat didatangi oleh petugas PLN, maka pemakaian listrik akan diperhitungkan rata-rata 3 bulan terakhir.

Sebagai informasi, PLN menyatakan, salah satu alasan membengkaknya tagihan listrik adalah skema penghitungan rata-rata selama 3 bulan terakhir.

Pasalnya, dengan adanya perbedaan antara pencatatan rata-rata dengan angka yang tercantum dalam stand meter kWh, mengakibatkan kekurangan atau kelebihan bayar pelanggan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Cegah Tagihan Bengkak, Mulai Besok Masyarakat Bisa Kirim Foto Meteran ke PLN

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : kompas

Baca Lainnya