Kabar Baik di Tengah Pandemi, Puluhan Kampung di Jakarta Barat Dinyatakan Merdeka dari Covid-19, Ternyata Ini Kunci Sukses Warga Lawan Corona!

Minggu, 07 Juni 2020 | 10:06
Kompas

Kabar Baik di Tengah Pandemi, Puluhan Kampung di Jakarta Barat Dinyatakan Merdeka dari Covid-19, Ternyata Ini Kunci Sukses Warga Lawan Corona!

GridStar.ID - Pandemi Covid-19 masih menghantui Indonesia.

Hingga saat ini (07/06), tercatat ada 30.514 kasus positif dengan jumlah sembuh 9.907 dan meninggal dunia 1.801 orang.

Memasuki bulan keempat, mulai muncul berita baik penanganan virus corona.

Baca Juga: Kembali Pecah Rekor, Nyaris Sentuh Angka 1000 Kasus Baru Jadi Penambahan Tertinggi Covid-19 Setelah New Normal Diterapkan di Beberapa Daerah Zona Hijau

Seperti baru-baru ini, di mana puluhan kampung di Jakarta Barat dinyatakan bebas dari virus corona.

Melansir dari Wartakota, peresmian 56 kampung bebas Covid-19 dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Rustam Effendi, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Audie S Latuheru, dan Dandim 0503/JB Kolonel Kav Valian Wicaksono.

Salah satu yang diresmikan sebagai kampung bebas Covid-19 adalah RW 05 Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Baca Juga: Nekat Jemput Jenazah PDP Virus Corona hingga Intimidasi Petugas Medis Gunakan Senjata Tajam, 100 Orang di Daerah Ini Langsung Jadi ODP

Rustam menjelaskan kalau kawasan tersebut dinyatakan merdeka usai tak lagi ada kasus yang terdeteksi.

Hal ini tidak lepas dari keaktifan serta kepedulian warga sekitar terhadap bahaya virus ini.

Dijelaskan, mereka melakukan karantina wilayah, physical distancing, pengecekan suhu tubuh, rajin mencuci tangan dan tertib memakai masker.

Baca Juga: Dijuluki Wuhan-nya Indonesia karena Angka Kasus Corona Melonjak Fantastis, bak Keajaiban Ratusan Lebih Pasien Covid-19 di Surabaya Dinyatakan Sembuh, Ternyata Ini Rahasianya!

Rustam berharap hal ini bisa menjadi contoh untuk wilayah lainnya agar terbebas dari virus corona.

"Saya harap dengan dipilihnya kampung-kampung ini akan menjadi contoh dan inspirasi kampung lain agar terbebas dari Covid-19," harap Rustam.

Melanjutkan, Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Audie S Latuheru mengatakan inisiatif kampung merdeka ini datang dari Polda Jawa Timur.

Baca Juga: Epy Kusnandar Bagikan Kabar Duka di Tengah Pandemi, sang Mertua Dilarikan ke RS dan Butuh Perawatan Intensif, Aktor Senior Ini Malah Terancam Kasus Pencemaran Nama Baik: Saya Mohon Maaf...

"Kami apresiasi program Polda Jawa Timur dan kami terapkan di Jakarta Barat, tentunya disesuaikan dengan kebijakan Pemprov DKI Jakarta," jelasnya.

Ia pun menguntai harapan kalau kampung merdeka Covid-19 di Jakarta Barat ini bisa menjadi contoh untuk seluruh wilayah Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Pemerintah Godok Kebijakan New Normal di Tengah Pandemi Covid-19 yang Tak Kunjung Berakhir, Seorang Ahli Tarot Ramalkan Nasib Roda Perekenomian Indonesia hingga Beri Peringatan: Hati- hati...

"Harapannya tentu ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua."

"Agar kita tahu bagaimana langkah-langkah terbebas dari pandemi Covid-19," tuturnya.

(*)

Editor : Hinggar

Sumber : Wartakota, Nakita

Baca Lainnya