Tak Mau Pasar Hewan Terus Dikambing Hitamkan, China Akhirnya Akui Virus Corona Berasal dari Tempat Ini, Penasihat Utama Negeri Tirai Bambu Buka Suara: Pasar Lebih Seperti Korban!

Senin, 01 Juni 2020 | 16:33
Tribunnews.com

Tak Mau Pasar Hewan Terus Dikambing Hitamkan, China Akhirnya Akui Virus Corona Berasal dari Tempat Ini, Penasihat Utama Negeri Tirai Bambu Buka Suara: Pasar Lebih Seperti Korban!

GridStar.ID - Pengakukan menggemparkan tentang virus corona baru saja diungkap China.

Bahkan pengakuan ini dapat merubah cara pandang para peneliti virus mengenai wabah covid-19.

China akhirnya pertama kali mengakui kesalahannya mengenai asal usul virus corona.

Baca Juga: Tak Langsung dari Wuhan, Virus Corona di Indonesia Datang dari 3 Jalur Ini Sebelum Sampai ke Tanah Air, Menurut Ahli

Awalnya China menganggap bahwa virus tersebut berasal dari salah satu pasar tradisional yang ada di Wuhan, China.

Namun dugaan tersebut ternyata tak benar.

Pengakuan mengejutkan ini membuat dunia internasional terkejut lantaran keluar dari mulut salah satu orang penting di negara Tirai Bambu tersebut.

Baca Juga: Sempat Dituding Sebagai Asal Penyebaran Virus Corona, Ahli dari China Katakan Pasar Wuhan sebagai Korban, Kok Bisa?

Salah satu peneliti senior sekaligus pejabat di pemerintahan China yang membuka fakta baru mengenai virus corona.

Pengakuan peneliti senior China inipun membuat para peneliti asal Amerika Serikat (AS) semakin yakin virus berasal dari laboratorium virologi Wuhan, China.

Padahal sebelumnya China dan Otoritas Kesehatan Dunia (WHO) bersikeras bahwa virus yang kini menyerang ratusan negara ini berasal dari pasar hewan.

Kompas Internasional

Jadi Biang Kerok Pandemi Corona, Presiden China Janji Beri Bantuan Internasional dan Vaksin Covid-19 Secara Global Bila Tersedia

Baca Juga: Jika Warga Tak Serius Jalankan Physical Distancing, Pria Ini Prediksi Surabaya Bisa Jadi Wuhan: Terus Terang Saya Menangis

"Pada awalnya, kami berasumsi pasar makanan laut mungkin memiliki virus, tetapi sekarang pasar lebih seperti korban," kata Gao Fu, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China.

Salah satu media internasional seperti Dailymail pun menyebut ini adalah pengakuan menakjubkan.

Mengingat banyak negara tertuju pada China dan pasar tradisional di Wuhan yang disebut dari awal sebagai sumber penyakit ini.

Gao Fu secara tegas menunjuk jari menyalahkan pedagang di pasar Wuhan China di mana hewan liar dijual ketika negaranya akhirnya memberi tahu dunia tentang Virus Corona yang mematikan.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Kekhawatiran Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19: Surabaya Bisa Jadi Wuhan Kalau Tidak Disiplin!

Saat itu pasar langsung di tutup dan dibersihkan layaknya tempat kejadian perkara.

Bahkan karena itu perhatian dunia pun tertuju pada perdagangan hewan liar yang mengerikan.

Apa yang diungkap Gao Fu di awal tersebut memang masuk akal sebab wabah sebelumnya adalah dari virus zoonosis (penyakit yang melompat dari hewan ke manusia).

Baca Juga: Sering Dituding Jadi Penyebab Wabah Virus Corona, Laboratorium di Wuhan Ini Ketahuan Miliki 3 Virus Hidup Mirip Cov-2, Faktanya Bikin Melongo!

Namun lambat laun kecurigaan pun muncul saat berbagai data dari sampel hewan di pasar menemukan kegagalan mencari sumber virus.

Kini pun Gao Fu mengakui tidak ada virus yang terdeteksi dari sampel hewan liar di pasar tersebut.

Gao menambahkan, virus-virus tersebut hanya ditemukan dalam sampel lingkungan, termasuk limbah.

Baca Juga: China Lagi-Lagi Kecolongan, Lockdown Wuhan Baru Berakhir Virus Corona Kembali Muncul Gara-Gara Hal Sepele Ini, Hingga Harus Karantina Wilayah 10 Juta Penduduknya!

Tidak seorang pun boleh meragukan signifikansi pernyataan tersebut karena Gau bukan hanya ahli epidemiologi top China tetapi juga anggota badan penasihat politik utama negara itu.

Anehnya, pengungkapannya mengikuti wawancara televisi dengan Wang Yanyi, direktur Wuhan Institute of Virology, di mana dia bersikeras bahwa klaim tentang penyakit yang bocor dari unit keamanannya adalah 'fabrikasi murni'.

Pembalikan tiba-tiba Gao Fu datang setelah serangkaian penelitian meragukan klaim aslinya. (*)

Artikel ini telah tayang di Sosok.ID dengan judul Terbongkar! China Akui Virus Corona Bukan dari Pasar Hewan, Ahli Terbaik Sekaligus Penasihat Politik Utama Negara Angkat Bicara: Pasar Lebih Seperti Korban

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Sosok.id

Baca Lainnya