Terungkap Awal Mula Trending Tagar Indonesia Terserah, Dokter Debryna Ungkap Jeritan Hati Petugas Medis Covid-19: Kalian Tahu Kami Juga Manusia!

Rabu, 20 Mei 2020 | 11:01
Kolase Tribunnews - Shutterstock

Terungkap Awal Mula Trending Tagar Indonesia Terserah, Dokter Debryna Ungkap Jeritan Hati Petugas Medis Covid-19: Kalian Tahu Kami Juga Manusia!

GridStar.ID - Beberapa waktu lalu tagar Indonesia terserah meramaikan media sosial.

Hal ini membuat perhatian warganet tertuju pada para tenaga medis yang tengah berjuang melawan pandemi corona.

Tagar ini awalnya disebut-sebut sebagai bentuk kekecewaan para tenaga medis akan masyarakat yang masih saja meremehkan pandemi covid-19.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 Semakin Melonjak, Dokter Ramai-ramai Viralkan Tagar Indonesia Terserah dan Suka-Suka Kalian Saja Bikin Netizen Geger, Begini Penjelasan Psikolog: Tenaga Medis Kecewa...

Lewat acara SAPA INDONESIA MALAM, Minggu (17/05), Dokter Relawan Covid-19 Debryna Dewi menceritakan asal muasal lahirnya tagar tersebut.

Ia menegaskan tagar tersebut bukanlah tanda bahwa para tenaga medis menyerah dalam perjuangan menghadapi pandemi Covid-19

Justru sebaliknya tagar tersebut menandakan para tenaga medis akan terus berjuang menghadapi Covid-19.

Baca Juga: Tanpa Tedeng Aling-Aling, Mbah Mijan Sebut Ada yang Tak Beres di Tubuh Pak Budi, Buat Netizen Bingung di Tengah Kegamangan Covid-19, Ada Apa?

"Banyak yang menyalahartikan Indonesia terserah itu seakan-akan kita nyerah, seakan-akan kita tenaga medis setop di sini, oh enggak sama sekali," papar Debryna.

Debryna melanjutkan, lewat tagar tersebut para tenaga medis tidak akan lagi ambil pusing terkait sikap masyarakat soal Covid-19.

Ia menyerahkan kepada masing-masing individu untuk mempertanggungjawabkan perbuatan mereka.

Baca Juga: Bak Angin Segar di Tengah Pandemi Corona, Pemerintah Akan Perpanjang Masa Subsidi Listrik Agar Bisa Bantu Masyarakat Kelas Bawah, Tapi Seorang Pakar Justru Peringatkan Hal Ini!

"Justru menurut saya dengan adanya terserah itu, kami ya sudah kalian mau begitu, itu sudah tanggung jawab kalian sebagai manusia," kata Debryna.

Tetap Kerja Walau Masyarakat Ngeyel

Debryna kemudian menyinggung tantangan para tenaga medis di Indonesia.

Baca Juga: Bawa Kabar Baik, Gara-Gara Corona Sri Mulyani Bakal Izinkan PNS Kemenkeu Bisa Kerja dari Rumah Usai Pandemi, Ini Syaratnya!

Satu di antaranya adalah sikap masyarakat yang membandel.

"Kami hanya ingin menunjukkan bahwa kami memang apapun itu, apapun rintangannya, dan saya yakin berbeda rintangan satu negara dengan negara lainnya," ujar dokter Debryna.

"Kalau negara lain masyarakatnya lebih patuh, saudara kita mungkin banyak halangan-halangan yang lain."

Baca Juga: Bikin Peneliti Dunia Sampai Heran, Banyak Ditemukan pada Pasien Covid-19 di Indonesia Muncul Gejala Aneh dan Tak Lazim Akibat Virus Corona, Waspada Jika Alami Hal Ini!

"Kami enggak peduli, kami sebagai tenaga medis ya kita enggak akan menyerah."

"Walaupun apapun halangangannya, sebandel apapun masyarakat kita atau senurut masyarakat kita itu saya rasa kita tidak ada hubungannya dengan daya juang kita di sini."

Debryna mengatakan dirinya bersama para tenaga medis akan terus berjuang meskipun di sisi lain masyarakat terus saja melanggar aturan terkait pandemi Covid-19.

Baca Juga: Dunia Masih Dihantui Wabah Virus Corona, Para Ilmuwan Sebut Seantero Belahan Bumi Dibayang-bayangi Gempuran Bencana Akibat Peristiwa Ini

"Jadi kalau Indonesia Terserah itu tagarnya itu hanya menunjukkan terserah lu mau ngapain, kita tetep kerja kok, terserah lu mau ngapain, kita tetap tidak akan menyerah," ungkapnya.

Mungkin Kami Capek, Marah

Debryna mengatakan bahwa tagar 'Indonesia Terserah' bukanlah sebuah bentuk protes.

Baca Juga: Angin Segar Pandemi Ini Segera Berakhir, 5 Kabar Baik Tentang Virus Corona Datang Lagi, Salah Satunya Disampaikan dari Orang Nomor Satu di Indonesia, Apa Itu?

Namun Debryna bersama tenaga medis lain memang mengakui mereka tidak suka ketika melihat masyarakat melanggar aturan penanganan Covid-19.

"Bukan protes, artinya kami memang tidak menyukai ketidakpatuhan masyarakat untuk melanggar PSBB," ucap dia.

Ia menekankan bahwa Covid-19 menyerang siapapun tanpa pengecualian.

Baca Juga: Lebaran 2020, Warga Tetap Patuhi Aturan PSBB Jika Ingin Keluar Rumah

"Menurut kami tidak ada satupun orang yang bisa luput dari Coronavirus ini, makanya orang harus patuh dengan social distancing," jelas Debryna.

"Tidak ada yang kebal, tidak peduli siapapun, tidak peduli uangnya berapa, tidak peduli background-nya apa."

"Jadi semuanya harus patuh dengan peraturan, apapun peraturan yang mendukung social distancing."

Baca Juga: Instan Karma, Sesumbar Virus Corona Hanya Akal-akalan Pemerintah, Pria Ini Kena Batunya Terinfeksi Covid-19, Nasibnya Berakhir Tragis di Ranjang Rumah Sakit dengan Ventilator

Dokter Debryna yang kini ditugaskan di Rumah Sakit darurat Wisma Atlet Jakarta mengatakan para tenaga medis mungkin memang merasa marah dan lelah melihat kelakuan masyarakat yang ngeyel.

"Saya rasa kami tidak protes, kami tidak marah."

"Marah mungkin iya cuma itu tadi ya sudah, kalau memang mau begitu terserah," ucap dia.

Baca Juga: Resah Pagebluk Corona Tak Segera Berakhir, Paranormal Kejawen Ini Singgung Soal Wabah Covid-19 dan Kelangkaan di Masa Mendatang hingga Sarankan untuk Sedia Singkong dan Kentang, Pertanda Apa?

"Kalian tahu kami juga manusia, mungkin kami memang capek, mungkin kami memang marah."

Tetapi kini mereka tidak lagi ingin mengurus hal-hal yang lain, Debryna mengatakan mereka hanya akan mengurus pasien yang ada di depan mereka.

"Tapi ini kalau kita ngikutin kata-kata Ki Hajar Dewantoro, kita yang di depan, kita yang terjun dan mungkin kita dipandang oleh masyarakat."

Baca Juga: Waspada Bila Merasakan Tanda Ini, Pasien Positif Virus Corona di Indonesia Tunjukkan Gejala yang Tak Biasa dan Berbeda dari Negara Lain!

Terakhir, Debryna kembali menekankan bahwa para tenaga medis tidak akan menyerah.

"Kita memberikan contoh bahwa kita tidak akan menyerah dalam hal ini, kita akan tetap berjuang," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, topik 'Indonesia Terserah' diduga populer setelah dua kejadian viral.

Baca Juga: Kabar Baik Penangkal Virus Corona, Selama Ini Ditungu-tunggu Akhirnya Pemerintah Ciptakan Obat Covid-19 dan Siap Dibagikan Agustus Mendatang!

Pertama adalah penumpukkan penumpang di Bandara Soekarno Hatta yang tidak mengindahkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kejadian kedua adalah viral kerumunan orang yang beramai-ramai berkumpul hanya untuk menyaksikan penutupan gerai McD di Sarinah.

Setelah adanya dua momen tersebut topik 'Indonesia Terserah' mulai populer sejak Jumat, (15/05). (*)

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Terkuak Asal Tagar Trending Indonesia Terserah, Dokter Debryna Bilang Kalian Tahu Kami Juga Manusia

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : KOMPAS TV, BangkaPos

Baca Lainnya