Dicap Jadi Biang Kerok Pandemi Corona, Presiden China Janji Beri Bantuan Internasional dan Vaksin Covid-19 Secara Global Bila Tersedia

Selasa, 19 Mei 2020 | 16:02
Kompas Internasional

Jadi Biang Kerok Pandemi Corona, Presiden China Janji Beri Bantuan Internasional dan Vaksin Covid-19 Secara Global Bila Tersedia

GridStar.ID-Wabah virus corona seakan menjadi bencana yang dahsyat bagi seluruh dunia.

Bagaimana tidak, virus yang berasal dari China itu menyebar dan menginfeksi manusia tanpa ampun di seluruh dunia dalam hitungan hari.

Bahkan hingga kini, tak ada seorang pun yang tahu kapan wabah ini akan benar-benar menghilang dari muka bumi.

Baca Juga: Pemerintah Geser Cuti Bersama, Libur Lebaran 2020 Hanya Dua Hari

Terlebih lagi, sampai saat ini belum juga ditemukan vaksinnya sudah menyebar luas ke seluruh dunia.

Terkait hal itu, Presiden China Xi Jinping pada hari Senin (18/05) mengumumkan langkah konkret untuk mendorong perjuangan global melawan Covid-19.

Langkah yang diambil pihak China tersebut adalah memberikan bantuan internasional dan menjadikan vaksin Covid-19 negara itu sebagai barang publik global jika sudah tersedia.

Baca Juga: Angin Segar Pandemi Ini Segera Berakhir, 5 Kabar Baik Tentang Virus Corona Datang Lagi, Salah Satunya Disampaikan dari Orang Nomor Satu di Indonesia, Apa Itu?

Melansir Xinhua, Xi membuat pengumuman tersebut ketika ia berbicara tentang pembukaan sesi ke 73 Majelis Kesehatan Dunia (WHA) melalui tautan video.

"China akan menyediakan US$ 2 miliar selama dua tahun untuk membantu tanggapan Covid-19 dan dengan pembangunan ekonomi dan sosial di negara-negara yang terkena dampak, terutama negara-negara berkembang," kata Xi.

Dia juga bilang, China akan bekerja dengan PBB untuk mendirikan depot dan pusat respons kemanusiaan global di China, memastikan operasi rantai pasokan anti-epidemi dan menumbuhkan "koridor hijau" untuk transportasi jalur cepat dan bea cukai.

Baca Juga: Bikin Peneliti Dunia Sampai Heran, Banyak Ditemukan pada Pasien Covid-19 di Indonesia Muncul Gejala Aneh dan Tak Lazim Akibat Virus Corona, Waspada Jika Alami Hal Ini!

Selain itu, China akan membangun mekanisme kerja sama bagi rumah sakit-rumah sakitnya untuk berpasangan dengan 30 rumah sakit Afrika dan mempercepat pembangunan kantor pusat CDC Afrika demi membantu benua tersebut meningkatkan kesiapsiagaan penyakit dan kapasitas pengendaliannya, kata Xi.

"Pengembangan dan penyebaran vaksin COVID-19 di China, jika tersedia, akan dijadikan barang publik global," kata presiden.

Dia menambahkan, "Ini akan menjadi kontribusi China untuk memastikan aksesibilitas dan keterjangkauan vaksin di negara-negara berkembang."

Baca Juga: Dunia Masih Dihantui Wabah Virus Corona, Para Ilmuwan Sebut Seantero Belahan Bumi Dibayang-bayangi Gempuran Bencana Akibat Peristiwa Ini

Xi juga bilang, China akan bekerja dengan anggota G20 lainnya untuk mengimplementasikan Inisiatif Penangguhan Layanan Hutang untuk negara-negara termiskin.

Pemerintah China juga siap bekerja dengan komunitas internasional untuk meningkatkan dukungan bagi negara-negara yang paling terpukul di bawah tekanan terbesar dari layanan utang sehingga mereka bisa mengatasi kesulitan saat ini.

Tribunnews.com
Tribunnews.com

Ilustrasi Vaksin Virus Corona.

WHA adalah badan pembuat keputusan WHO.

Baca Juga: Lebaran 2020, Warga Tetap Patuhi Aturan PSBB Jika Ingin Keluar Rumah

Sesi ke-73 WHA, dijadwalkan berlangsung dari Senin hingga Selasa, dan diadakan melalui tautan video karena dampak pandemi saat ini.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), agendanya hanya dipadatkan untuk masalah-masalah penting, seperti Covid-19 dan pemilihan anggota dewan eksekutif.

Saat ini, Covid-19 telah melanda lebih dari 210 negara dan wilayah, mempengaruhi lebih dari tujuh miliar orang di seluruh dunia dan merenggut lebih dari 300.000 nyawa yang berharga.

Baca Juga: Instan Karma, Sesumbar Virus Corona Hanya Akal-akalan Pemerintah, Pria Ini Kena Batunya Terinfeksi Covid-19, Nasibnya Berakhir Tragis di Ranjang Rumah Sakit dengan Ventilator

Pada kesempatan itu, Xi juga menegaskan, Tiongkok selama ini sudah bertindak dengan keterbukaan, transparansi dan tanggung jawab dalam perang melawan Covid-19.

"China telah melakukan segala daya kami untuk mendukung dan membantu negara-negara yang membutuhkan," kata Xi seperti yang dikutip dari Xinhua.

Dia juga menyatakan dukungan penuhnya kepada WHO, dan menyerukan kepada masyarakat internasional untuk meningkatkan dukungan politik dan keuangan bagi WHO sehingga dapat memobilisasi sumber daya di seluruh dunia untuk mengalahkan virus.

Baca Juga: Waspada Bila Merasakan Tanda Ini, Pasien Positif Virus Corona di Indonesia Tunjukkan Gejala yang Tak Biasa dan Berbeda dari Negara Lain!

"Pada saat yang genting ini, mendukung WHO berarti mendukung kerja sama internasional dan juga perjuangan untuk menyelamatkan nyawa," kata Xi. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunManado.co.id dengan judul "Presiden China Janji Beri Bantuan Internasional dan Vaksin Covid-19 Secara Global Bila Tersedia"

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : TribunManado.co.id

Baca Lainnya