Aamir Khan Disebut-sebut sebagai Sosok Dermawan di Balik Beredarnya Video Viral Bagi-bagi Uang Jutaan Rupiah di Dalam Tepung, Berikut Faktanya

Senin, 04 Mei 2020 | 07:30
Kolase Tribun News

Aamir Khan Disebut-sebut Sebagai Sosok Dermawan di Balik Beredarnya Video Viral Bagi-bagi Uang Jutaan Rupiah di Dalam Tepung, Begini Faktanya

GridStar.ID-Di tengah pandemi Corona seperti sekarang ini banyak publik figur berlomba berbagi dengan masyarakat yang terdampak covid-19.

Seperti yang diketahui, kini perekonomian sebagian besar orang semakin sulit.

Sebagai bintang Bollywood yang dikenal hingga ke hampir seluruh dunia, kekayaan yang dimiliki Aamir Khan tentu saja tak main-main.

Baca Juga: Terjebak di Negara Orang Gegara Pandemi Covid-19 hingga Kehabisan Uang, Sepasang Bule Asal Rusia Mendadak Viral Lantaran Gendong Bayi Sambil Ngamen di Pasar Demi Sambung Hidup

Bukan menjadi hal yang mengherankan lagi jika seorang Aamir Khan ikut menyumbangkan sebagian hartanya untuk yang membutuhkan di tengah pandemi virus corona.

Bahkan di media sosial, aksi Aamir Khan yang terbilang unik dalam memberikan sumbangan kepada korban pandemi di India menjadi viral.

Seperti dikutip dari unggahan Twitter @smiilingpablue pada 30 April 2020 lalu, Aamir Khan disebut-sebut menyumbangkan uang 15 ribu Rupee atau sekitar Rp 2,9 juta.

Baca Juga: Viral Video! Bule Rusia Terjebak di Tengah Pandemi Covid-19, Terpaksa Ngamen Bawa Anak Balitanya Saat Berada di Lombok

Menurut keterangan yang ditulis dalam unggahan itu, beberapa lembar uang senilai Rp 2,9 juta itu dimasukkan ke dalam bungkusan plastik berisi tepung seberat 1 kilogram.

Dituliskan juga bahwa uang-uang di dalam tepung itu tepat sasaran karena hanya orang-orang yang benar-benar membutuhkan yang menerimanya.

sebuah unggahan di Twitter

Tapi benarkah sumbangan itu berasal dari Aamir Khan?

Baca Juga: Jadi Hujatan Warganet Usai Viral Video Tawarkan Rp 10 juta untuk yang Mau Batalkan Puasa, Terungkap Fakta-fakta Tentang Youtuber Hasanjr11

Setelah ditelusuri, rupanya kabar Aamir Khan yang disebut- sebut menyelipkan uang jutaan ke dalam bungkusan tepung berawal dari sebuah video di Tik Tok.

Seperti dikutip dari The Quint, pihak Aamir Khan telah memberikan klarifikasi.

Mereka menyebut Aamir Khan sama sekali tidak ada hubungannya dengan sumbangan yang viral di media sosial.

Baca Juga: Viral! Aksi Malam-malam Kabur Lompati Jendela Rumah Sakit Terekam CCTV, Pasien Positif Virus Corona di Lombok Ini Dikenal Ngeyel Sering Bantah Petugas Medis Pakai Hadis-hadis

The Quint juga menelusuri asal video yang menjadi viral itu.

Rupanya video itu berasal dari pengguna Tik Tok bernama @khansaheb028.

Dalam video itu ternyata tidak ada nama Aamir Khan yang disebut-sebut membagikan uang jutaan di dalam tepung.

Baca Juga: Dikira Resah Gelisah Lantaran Pikirkan Gaji Karyawan Selama Lockdown, Ternyata Suami Akui Diam-diam Nikah Lagi dan Pikirkan Nasib Madunya, Curhat Pilu Istri Pertama Viral: Terasa Seperti Berhenti Bernapas

Setelah ditelusuri lebih jauh, sumbangan itu awalnya disebut-sebut diberikan kepada penduduk di daerah Surat Rander.

Seorang jurnalis lokal yang dihubungi oleh The Quint juga mengungkapkan berita ini sudah beredar luas.

Saat ditelusuri ke daerah itu, penduduk setempat justru memberikan keterangan yang sama sekali berbeda soal sumbangan uang jutaan di dalam tepung.

Baca Juga: Viral! Pria Ini Kaget Setengah Mati Lihat Foto Selfinya Sendiri Berlatar Belakang Sungai Musi Palemban, Muncul Tulisan Lafaz Allah: Alam Berdzikir Meminta Wabah Corona Segera Berakhir!

"Ada berita bahwa seseorang di daerah Surat Rander telah memberikan sumbangan sebesar Rs 15.000 (Rp 2,9 juta) dengan cara yang unik.

Namun, ketika saya pergi ke daerah itu, penduduk setempat mengatakan kepada saya bahwa tidak ada sumbangan seperti itu diberikan kepada mereka.

Tidak ada nama penyumbang yang memberikan donasi, kita juga sama sekali tidak tahu siapa yang menerima uang," jelas jurnalis itu.

Baca Juga: Memilukan! Pemandangan 2 Orang Kakak Beradik yang Tinggal Tulang Berbalut Kulit Minta Makan ke Aparat TNI dan Polri Bikin Hotman Paris Geram Sampai Sentil Pejabat Daerah dan Pengusaha di Muara Enim

Sumbangan Aamir Khan

Bisa disimpulkan bahwa kabar Aamir Khan menyumbang uang jutaan di dalam tepung adalah hoaks.

Sementara itu seperti dikutip dari India Today, Aamir Khan telah memberikan sumbangan melalui pendanaan PM-Cares dan Maharashtra CM.

Informasi sumbangan dari Aamir Khan ini dibagikan oleh akun Twitter Taran Adarsh, kritikus film dan analis perdagangan asal India pada 7 April 2020 lalu.

Baca Juga: Prosesnya Bikin Ngilu! Viral Video Perempuan Ini Menahan Rasa Sakit dan Nyeri saat Tes Swab Virus Corona, Stik Panjang Ini Dimasukkan dalam Hidung Sampai 10 cm

Selain menyumbang melalui PM-Cares dan Maharashtra CM, Aamir Khan juga membantu para pekerja harian di proyek filmnya yang berjudul Laal Singh Chaddha.

Selain Aamir Khan, artis Bollywood lain yang juga menyumbang melalui PM-Cares untuk membantu pemerintah memerangi virus corona adalah Shah Rukh Khan. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunStyle.com dengan judul "Viral Aksi Aamir Khan Bagi-bagi Uang Jutaan di Dalam Tepung untuk Korban Virus Corona, Ini Faktanya"

Editor : Hinggar

Sumber : Tribun Style

Baca Lainnya