Warga Dihebohkan dengan Transfer Uang Senilai Rp 600 ribu di Rekening BRI Miliknya, Benarkah? Begini Penjelasan Bank dan Kemensos

Senin, 04 Mei 2020 | 11:00
kompas.com

Mata uang rupiah

GridStar.ID - Bantuan dari pemerintah terkait dengan dampak virus corona yang terjadi di Indonesia kini terus mengalir.

Pemerintah memberikan bantuan tersebut dengan berbagai macam cara, mulai dari potongan bayaran listrik, pemberian bahan pokok, hingga uang tunai.

Kini warga dikejutkan dengan transfer uang sebesar 600 ribu yang masuk ke rekening BRI miliknya.

Baca Juga: Niat Hati Ingin Beri Kejutan dengan Mudik Diam-diam, Pria Ini Malah Dikagetkan dengan Perbuatan sang Istri yang Sedang Asyik Berduaan dengan Oknum Kepala Desa, Sampai Minta Bantuan Warga untuk Gerebek Kelakuan Bejat Keduanya

Ada yang mengunggah foto pesan singkat (SMS) pemberitahuan transfer, ada pula yang menyebarkannya lewat tulisan dan foto di Facebook.

Ada yang menyebut bahwa semua pemilik rekening BRI mendapatkan uang Rp 600.000 tersebut.

Berikut beberapa unggahan yang beredar:

Baca Juga: Bawa Angin Segar! Pasien Covid-19 Bisa Sembuh Sendiri Tanpa Bantuan Medis dengan Melakukan Hal Ini, Begini Penjelasan IDI hingga WHO

Baca Juga: Tak Hanya Wacana, Tangan Kanan Jokowi Umumkan Pemerintah akan Beri Uang Tunai Tiap Bulan sebagai Bantuan Sosial untuk Masyarakat Terdampak Corona, Dana akan Diberikan hingga Akhir Tahun 2020, Ini Nominalnya!

Uang apakah ini? Bagaimana penjelasannya?

Uang Bantuan Sosial Tunai (BST) Corporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto mengatakan, tidak benar bahwa semua pemilik rekening BRI mendapatkan uang Rp 600.000.

"Enggak benar, dong. Kan BRI hanya bank penyalur. Yang benar, pemerintah yang bagiin uangnya," ujar Amam saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (03/05).

Baca Juga: Kabar Baik Langsung Disampaikan Jokowi, Paket Bantuan untuk 1,8 Juta Keluarga Terdampak Covid-19 di Jabodetabek Siap Diantar Ojol ke Rumah Masing-Masing Mulai Hari Ini!

Dia menjelaskan, uang sebesar Rp 600.000 itu merupakan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

BRI bersama dengan Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) ditunjuk sebagai bank penyalur BST kepada 528.320 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak Covid-19.

Amam menjelaskan, pada BST Tahap 1 besaran yang disalurkan mencapai Rp 316 miliar.

Baca Juga: Kabar Gembira! Ini Daftar 6 Paket Bantuan Tambahan Corona yang Dijanjikan oleh Presiden untuk Warga hingga Supir Truk

Penyalurannya dilakukan pada 27-29 April 2020 melalui Mass Fund Transfer sebesar Rp 600.000 ke rekening masing-masing penerima yang berhak.

Penjelasan Kemensos Kepala Biro Perencanaan Kementerian Sosial Adhy Karyono, saat dihubungi secara terpisah, menjelaskan, program BST diberikan kepada 9 juta KPM.

Angka 9 juta KPM ini berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga: Bak Hilang Rasa Kemanusiaan, Demi Sekantong Beras Rakyat Miskin Harus Rela Difoto Layaknya Tersangka dengan Pegang Kertas Bertuliskan 'Saya Orang Tidak Mampu Penerima Bantuan'

Sementara itu mekanisme penyalurannya ada 2 cara, yaitu: Melalui PT Pos sebanyak 8 juta KPM Transfer top up ke rekening penerima manfaat sebanyak 1 juta KPM.

Adhy menambahkan, penerima lewat transfer bank adalah mereka yang sudah melakukan sinkronisasi data DTKS dengan data bank Himbara.

Jumlahnya sekitar 5,8 juta KPM. Kemudian, dari hasil pemadanan data, diperoleh rekening yang valid sebanyak 749.948 orang, termasuk di BRI sebanyak 528.144 orang.

Baca Juga: Tak Hanya Wacana Belaka, Presiden Joko Widodo Umumkan Bagi Warga yang Kehilangan Pekerjaan Gara-Gara Wabah Corona akan Dapat Bantuan Ini!

Mengenai adanya penerima manfaat yang tidak mengetahui mengenai uang bantuan sebesar Rp 600.00 ini, menurut Adhy, sebelumnya sudah ada pemberitahuan.

"Sebelumnya pemberitahuan sudah diberikan kepada dinas sosial provinsi dan kabupaten atau kota, juga koordinator BPNT terkait BNBA yang akan dapat top up bantuan," kata Adhy.

Selanjutnya, Kemensos berkoordinasi dengan PT Pos Indonesia untuk melakukan tagging nama yang sudah masuk daftar Himbara. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judulHeboh Terima Transfer Rp 600.000 di Rekening BRI, Ini Penjelasan BRI dan Kemensos

Editor : Hinggar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya