Tak hanya Dialami Orang Dewasa, Covid-19 Juga Bisa Menyerang Anak-Anak, Kenali Tanda Awal Gejala Virus Corona yang Ada di Kaki

Rabu, 22 April 2020 | 17:30
The Triumph Institute

Ilustrasi: Kaki Anak

GridStar.ID - Virus corona diketahui memang lebih banyak menyerang orang dewasa dibandingkan dengan anak-anak.

Mereka yang dikonfirmasi positif virus corona biasanya berusia dewasa dan lanjut usia.

Namun hal ini tak menutup kemungkinan adanya anak-anak dan remaja bisa terpapar virus corona.

Baca Juga: Berderai Air Mata, Ini Pengakuan Terakhir Ibu 4 Anak yang Kelaparan Sebelum Akhirnya Meninggal Dunia, 2 Hari Hanya Minum Air Galon Gara-Gara Tak Bisa Sambung Hidup Akibat Corona: Si Bungsu Jatuh Sakit!

Baru-baru ini diketahui ada kemungkinan gejala baru virus corona yang muncul.

Dilansir dari Kompas.com, dilaporkan muncul lesi di kaki pada banyak orang yang terinfeksi virus corona.

Lesi kulit adalah jaringan kulit yang tumbuh abnormal, baik di permukaan maupun di bawah permukaan kulit.

Baca Juga: Bak Bawa Angin Surga, Sejumlah Pakar Pastikan Wabah Virus Corona di Indonesia akan Berakhir dalam 2 Bulan, Asal...

Menurut laporan, lesi di kaki tersebut mucul pada seseorang sebelum gejala lain virus corona muncul, sehingga mungkin menjadi tanda awal adanya infeksi virus corona.

Tanda-tanda seperti campak tersebut kebanyakan dialami oleh anak-anak dan remaja.

Dikutip dari Kompas.com yang melansir IFL Science pada Jumat (17/04), lesi di kaki tersebut berwarna keunguan mirip cacar air atau chilblains.

Baca Juga: Belajar dari Wabah yang Terjadi Masa Lalu hingga Budaya Sadar Kesehatan, Ini Cara 5 Negara yang disebut Tersehat di Dunia Menangani Virus Corona

Chilblains adalah peradangan di pembuluh darah kecil yang ada di sekitar jempol kaki.

Lesi di kaki biasanya muncul di sekitar jari kaki dan sering sembuh tanpa meninggalkan bekas yang tersisa di kulit.

Dilaporkan oleh beberapa negara

Baca Juga: Angin Segar Bagi Rakyat Indonesia di Tengah Wabah Virus Corona, Sempat Beredar Isu Kenaikan Tarif Akhirnya Mahkamah Agung Berikan Putusan Resmi Terkait BPJS, Apa Itu?

IFL Science via Kompas.com
IFL Science via Kompas.com

General Council of Official Colleges of Podiatrists in Spain

Temuan gejala baru virus corona yang tak biasa tersebut telah dilaporkan dalam banyak kasus di beberapa negara seperti Italia, Perancis, dan Spanyol.

Hal itu diungkapkan oleh Dewan Umum Perguruan Tinggi Podiatris di Spanyol.

Podiatris adalah dokter spesialis masalah kaki.

Baca Juga: Resah Pagebluk Corona Tak Kunjung Usai, Mbak You Minta Mukjizat Besok Pagi Wabah Covid-19 Musnah dari Muka Bumi, Terawang: Kondisi Tidak Karuan Ini Segera Dihadapi!

Dalam pernyataannya, Dewan Podiatris mendesak supaya pihak perguruan tinggi dan para anggota sangat waspada karena lesi di kaki mungkin merupakan tanda dari covid-19.

Untuk itu, lesi di kaki bisa menjadi tanda untuk deteksi penyakit tersebut dan dapat membantu mencegah penyebaran wabah agar tak makin meluas.

Dewan tersebut juga mengingatkan kalau lesi di kaki tersebut harus dipantau beserta dengan gejala klinis lain terkait infeksi virus corona.

Baca Juga: Terlalu Besar Kepala Sesumbar Tak Ditemukan Kasus Positif Covid-19 di Negaranya, Kim Jong Un Dibuat Malu Bawahannya Sendiri yang Ungkap Kebenaran Soal Virus Corona di Korea Utara: Terjadi di Awal Maret

Temuan Lesi di Kaki

Federasi Podiatris Internasional melaporkan ada anak laki-laki berusia 13 tahun yang mendadak memiliki lesi di kaki berdiameter antara 5-15 milimeter bulan lalu.

Anak tersebut kemudian mengalami demam, nyeri otot, sakit kepala, gatal-gatal hebat, sensasi rasa terbakar di kaki dua hari kemudian.

Rasa terbakar tersebut terasa lebih dari seminggu sebelum akhirnya sembuh dengan sendirinya.

Baca Juga: Kabar Baik Pertanda Corona Segera Berakhir, Kasus Baru Covid-19 Menurun Drastis Jadi yang Terendah dalam 2 Minggu Terakhir, Pasien Sembuh di Indonesia Semakin Bertambah!

Ada kemungkinan anak tersebut tertular oleh anggota keluarga lain yang telah lebih dulu terkonfirmasi positif virus corona.

Namun, dokter memang belum bisa memastikan apakah lesi di kaki tersebut dipicu atas infeksi virus corona karena di Italia sendiri sekarang kondisinya masih darurat.

Akan tetapi di negara tersebut sebelumnya telah menunjukkan bahwa satu dari lima pasien covid-19 persoalan kulit seperti kulit merah dan gatal-gatal.

Baca Juga: Ditemukan Fakta Baru, Seorang Pasien Virus Corona Kulitnya Berubah Jadi Sangat Gelap bak Terbakar Usai Dirawat Beberapa Hari, Ini Penyebabnya!

Podiatris mengungkapkan bahwa penting untuk mempertimbangkan potensi lesi di kaki sebagai gejala baru virus corona di tahap awal.

Jika mengalaminya tanpa alasan seperti karena ada sengatan dan lain sebagainya, sebaiknya mengisolasi diri terlebih dahulu.

Kemudian, kamu bisa menghubungi tenaga medis dari rumah dan menyertakan foto kondisi lesi di kakimu. (*)

Artikel ini telah tayang di Gridkids.id dengan judulGejala Baru Virus Corona yang Banyak Dialami Anak-Anak dan Remaja, Muncul Lesi di Kaki Seperti Tanda Campak

Editor : Hinggar

Sumber : Gridkids.id

Baca Lainnya