Angin Segar Bagi Rakyat Indonesia, Presiden Jokowi Bagikan Kabar Baik Bagi Para Pengangguran dan Masyarakat Kurang Mampu di Tengah Wabah Virus Corona

Minggu, 12 April 2020 | 10:30
Kompas.com

Angin Segar Bagi Rakyat Indonesia, Presiden Jokowi Bagikan Kabar Baik Bagi Para Pengangguran dan Masyarakat Kurang Mampu di Tengah Wabah Virus Corona

GridStar.ID - Pemerintah Indonesia masih terus berjuang mengatasi berbagai dampak dari pandemi virus corona.

Selain mencari solusi dalam menekan jumlah kasus positif covid-19.

Presiden Jokowi masih terus memperjuangkan dampak perekonomian dalam skala mikro dan makro.

Baca Juga: Banyak Pengangguran Akibat Usaha Gulung Tikar saat Wabah Corona, Jokowi Janjikan Pagawai Korban PHK Program Padat Karya Produksi Disinfektan hingga Masker

Salah satunya dampak yang dirasakan masyarakat kecil dan para pengangguran yang tidak bisa bekerja karena virus corona.

Wabah virus corona masih menjadi perhatian khusus bagi Indonesia.

Bagaimana tidak, kasus pasien positif wabah virus corona masih terus bertambah setiap harinya.

Baca Juga: Tak Diam, Pemerintah Pernah Ungkap Pesanan 2 Juta Obat Penyembuh Virus Corona yang Sudah Dicoba Beberapa Negara, Jokowi: Sesuai Resep Dokter!

Tenaga medis sedang berjuang mati-mati memerangi wabah virus corona.

Kehadiran wabah virus corona di Indonesia tentunya memberikan efek negatif yang luar biasa bagi masyarakat.

Maka dari itu pemerintah mencoba membuat kebijakan dan berbagai program demi meringankan warga di tengah pandemi wabah virus corona saat ini.

Baca Juga: Bak Skenario Kasus Covid-19 di China dan Italia, Kontroversi Jokowi Cabut Larangan Mudik Tuai Kekhawatiran Peneliti: Jumat Kematian Bakal Meningkat Drastis!

Salah satu program yang sedang dicanangkan pemerintah di tengah wabah virus corona yakni program padat karya tunai.

Program ini bertujuan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat pedesaan.

"Selain itu, khusus kepada masyarakat di pedesaan yang terdampak pandemi Covid-19, pemerintah menyiapkan program padat karya tunai.

Baca Juga: Diminta untuk Tak Mudik Lebaran Saat Ini, Presiden Jokowi Akan Berikan Libur Nasional Lebaran Pengganti Agar Masyarakat Bisa Pulang Kampung Usai Pandemi Corona

Pelaksanaan program ini akan dipercepat untuk dapat membuka lapangan pekerjaan dan menjaga daya beli masyarakat kita di pedesaan," tulis Jokowi dalam akun Instagramnya @Jokowi.

@jokowi
@jokowi

Unggahan Instagram Presiden Jokowi

Jokowi juga mengatakan, yang menjadi prioritas dari program ini adalah keluarga kurang mampu dan juga para pengangguran di desa-desa.

"Selain itu, padat karya tunai juga dapat diterapkan secara masif menggunakan skema dana desa. Prioritasnya pada keluarga-keluarga miskin, pengangguran, atau yang setengah menganggur," tambah Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ambil Langkah Tegas, Resmi Tetapkan Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar, Polri Diharap Buat Langkah Hukum sedang Kepala Daerah Dihimbau Tak Gegabah: Tidak Buat Kebijakan Sendiri!

Sang presiden juga sudah meminta agar pihak kementrian memperbanyak program-program padat karya tunai ini.

Melalui program ini harapannya sedikit banyak bisa membantu masyarakat pedesaan di tengah wabah virus corona saat ini.

"Kita memahami keadaan saat ini yang tidak normal dan masyarakat pada posisi yang sulit. Oleh sebab itu, saya telah meminta semua kementerian, lembaga, dan daerah untuk memperbanyak program-program padat karya tunai," tutup Jokowi. (*)

Editor : Hinggar

Sumber : nakita

Baca Lainnya