Mengharukan! Setelah Diusir Warga dari Indekosnya, Perawat Ini Mendapatkan Banyak Tawaran untuk Tinggal di Hotel dan Apartemen

Sabtu, 28 Maret 2020 | 06:30
Grid.id

Mengharukan! Setelah Diusir Warga dari Indekosnya, Perawat Ini Mendapatkan Banyak Tawaran untuk Tinggal di Hotel dan Apartemen

GridStar.ID- Virus corona atau Covid-19 telah mewabah di Indonesia.

Ribuan orang Indonesia positif terjangkit virus ini.

Akibatnya banyak tenaga medis seperti dokter dan perawat yang kuwalahan menangani pasien virus corona yang terus bertambah.

Baca Juga: Memilukan, Seorang Perawat Menangis Sejadi-jadinya saat Bertugas Merawat Dua Pasien yang Positif Virus Corona, Ternyata karena Hal Gila Ini!

Namun para petugas di garda terdepan dalam melawan virus ini justru mendapat penolakan dari warga di lingkungannya sendiri, lantaran mereka panik jika para tenaga medis tersebut membawa virus corona.

Melansir dari Tribunnews,belum lama ini publik ramai membicarakan insiden seorang perawat yang diusir dari indekosnya karena bekerja di RSUP Persahabatan dan merawat pasien positif virus corona.

Tanggapan beragam bermunculan, namun mayoritas banyak yang menyesalkan insiden tersebut.

Baca Juga: Berjuang Bersama sang Istri di Rumah Sakit, Perawat Ini Curhat Harus Mandi Besar Usai Pulang dari Rumah Sakit Tangani Pasien Corona, hingga Terpaksa Hidup Terpisah dengan Anak-Anak

Dirut RSUP Persahabatan Rita Rogayah sampai angkat bicara terkait insiden yang menimpa perawatnya itu.

Rita Rogayah menegaskan si perawat tidak diusir, melainkan meninggalkan indekos karena tidak nyaman distigmakan oleh orang sekitar.

Dia mengungkapkan pihaknya dapat bantuan dari sejumlah pihak usai kabar perawat mereka pergi dari indekosnya beredar.

Baca Juga: Bak Jatuh Tertimpa Tangga, Perawat Covid-19 Ini Sudah Emban Tugas Berat Pulang-Pulang Diusir Halus Warga dari Kost yang Curiga Bakal Bawa Virus Corona, Begini Nasibnya Sekarang!

"Alhamdulillah sudah banyak yang bantu, ada hotel, apartemen mereka semua siap membantu. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua partisipan yang peduli dengan tenaga kesehatan kami," kata Rita di RSUP Persahabatan, Rabu (25/03).

Pasalnya sejak memutuskan pergi dari indekosnya pada Minggu (22/03), perawat tersebut tidur di RSUP Persahabatan.

Pihak RSUP Persahabatan tak langsung tahu insiden karena sang perawat lebih dulu melapor ke asosiasi perawat baru ke manejemen RSUP.

Baca Juga: Nahas! Dokter dan Perawat Ini Harus Terima Pil Pahit Dikucilkan dan Diusir dari Indekost, Bahkan Anak-Anaknya Kena Bully Setelah Tangani Virus Corona

Kompas.com

Direktur Utama RSUP Persahabatan

"Kami baru tahunya satu atau dua hari ini, sehingga kami akan memberikan solusinya. Bukan artinya mereka tidak kembali ke kosnya, mereka masih bisa. Cuma kita nanti mencarikan solusinya," ujarnya.

Rita menuturkan insiden yang menimpa perawatnya tak harus terjadi bila masyarakat memahami dan menghargai peran tenaga medis.

Padahal RSUP Persahabatan sudah menyatakan siap menangani pasien Covid-19 sebelum pemerintah mengumumkan kasus pertama Covid-19.

Baca Juga: Ngakunya Kerja di Karaoke, Hotman Paris Pernah Beberkan Duit Wawan untuk Jennifer Dunn Perawatan: Karena Cantik Mau Dibikin Ikon PH, Pulang dari Singapur Sedot Lemak

Standar penanganan mereka pun sudah teruji karena dinyatakan world health organizations (WHO) mumpuni menangani pasien.

Baik secara alat pelindung diri (APD) berupa coverall dan perlengkapan lainnya hingga standar ruang isolasi bagi pasien Covid-19.

"Kami RS rujukan, berarti perawat kami menggunakan APD sesuai standar ya, dengan standar APD yang lengkap. Mudah-mudahan kita semua dilindungi. Harusnya sudah tidak usah takut," tuturnya.

Baca Juga: 5 Tahun Mengabdi Tangani Penyakit Khusus Isolasi, Ini Sosok Perawat Wita Tamala yang Jaga Pasien Corona, Selalu Dapat Pesan Khusus dari Keluarga hingga Curhat dengan Pasien

Rita meminta masyarakat tak sekedar mencari informasi jumlah pasien positif dan pasien meninggal yang terjangkit Covid-19.

Seharusnya masyarakat mencari informasi cara mencegah penularan Covid-19 yang valid, di antaranya lewat petugas medis yang mereka kenal.

Bukan justru memberikan stigma negatif bagi petugas medis yang selama ini bertaruh nyawa dalam menangani pasien.

Baca Juga: Demi Para Pasien Virus Corona, Perawat Perempuan di China Ini Cukur Rambutnya Hingga Gundul

"Itulah yang musti kita pahami, berarti kita harus memberikan edukasi yang lebih banyak kepada masyarakat. Sehingga tidak perlu panik tapi ikuti lah apa yang harus dilakukan," lanjut Rita.(*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : tribunnews, kompas

Baca Lainnya