Follow Us

Sambut Ramadan 2023, Pemerintah Bakal Berikan Bansos Pangan Selama 3 Bulan Penuh

Nadia Fairuz Ikbar - Selasa, 07 Maret 2023 | 05:01
Bansos Sembako
dok.TribunJabar

Bansos Sembako

GridStar.ID - Pemerintah akan memberikan bantuan sosial (bansos) berupa komoditas pangan seperti beras, telur, dan ayam selama Maret, April, dan Mei 2023.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, bansos ini diberikan untuk menekan inflasi pangan jelang Ramadhan dan Idul Fitri.

"Pemerintah kemarin telah memutuskan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan beras selama 3 bulan. Demikian pula untuk bantuan telur dan ayam," ujar Airlangga saat menghadiri Kick Off GNPIP di Makassar secara virtual, Minggu (05/03).

Dia menjelaskan, saat ini regulasinya sedang disusun oleh pemerintah termasuk penentuan kelompok masyarakat mana saja yang akan menerima bansos.

Rencananya, bansos pangan ini akan diberikan kepada penerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT).

"Bulan Maret ini akan ada survei terkait dengan kemiskinan sehingga tentu diharapkan kita bisa menahan inflasi agar kemiskinan tidak meningkat," jelasnya.

Tidak hanya itu, pemerintah juga akan terus memantau harga komoditas-komoditas pangan yang utama seperti beras, minyak goreng, cabai, bawang, daging, dan telur ayam ras.

Pemerintah antisipasi lonjakan harga tiket transportasi

Baca Juga: Angin Segar! Bansos PKH dan BPNT Bakal Segera Dicairkan Lewat Bank Himbara dan PT Pos

Sementara itu, pemerintah juga mengantisipasi lonjakan harga tiket transportasi udara mengingat di periode Ramadan dan Idul Fitri akan ada fenomena mudik Lebaran dimana sekitar 80 juta penduduk akan pulang kampung.

"Untuk memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri, peningkatan harga pangan dan tarif menjadi tantangan dan kami berharap langkah antisipatif bisa dilakukan," tuturnya.

(*)

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular