Follow Us

Sambut Ramadan 2023, Cuma Rp 20 Ribu Bisa Mudik Gratis Naik Kereta Bonusnya Motor Diangkut, Ini Syaratnya

Rahma - Kamis, 02 Maret 2023 | 05:02
Angkutan Motor gratis
Tribun

Angkutan Motor gratis

GridStar.ID - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) kembali menggelar program Motis (Motor Gratis) untuk mendukung Angkutan Lebaran 2023.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Djarot Tri Wardhono mengatakan, dalam program Motis 2023 ini, DJKA akan mengintegrasikan angkutan Motis dengan angkutan penumpang.

Tak hanya itu, ia mengatakan, tarif yang dikenakan kepada penumpang terjangkau dibandingkan tahun sebelumnya.

"Cukup membayar tarif mulai Rp 10.000 hingga Rp 20.000 saja peserta Motis dapat bermudik ke kampung halamannya," kata Djarot dalam keterangan tertulis, Rabu (22/02).

Djarot mengatakan, DJKA menyediakan 10.440 kuota untuk pengiriman motor secara gratis ke lokasi tujuan mudik penumpang selama periode Angkutan Lebaran 2023 mendatang.

Ia juga menargetkan program Motis 2023 dapat melayani lebih dari 46.720 penumpang.

"Tahun ini kami akan siapkan sebanyak 10.440 slot motor yang secara gratis dikirimkan ke lokasi tujuan mudik penumpang pada Lebaran mendatang, terlebih di tahun ini kami sediakan kapasitas Motis yang jauh lebih banyak daripada tahun lalu, karena kondisi Covid-19 saat ini sudah jauh lebih kondusif," ujarnya.

Djarot mengatakan, program Motis ini akan melayani tiga lintas pelayanan di antaranya, Lintas Utara dengan rute Cilegon - Jakarta Gudang - Semarang Tawang; Lintas Tengah dengan rute Jakarta Gudang - Purwosari dan Lintas Selatan dengan rute Kiraracondong - Purwosari.

Ia mengatakan, pendaftaran program motis 2023 akan dimulai pada tanggal 1 Maret - 3 Mei 2023.

Sementara itu, untuk angkutan mudik Motis akan diselenggarakan pada tanggal 11 - 20 April dan angkutan balik dilaksanakan pada tanggal 25 April - 4 Mei 2023.

"Diharapkan perjalanan mudik masyarakat lebih terakomodir dengan baik, momen ini sekaligus mengajak masyarakat agar dapat mudik dengan aman, nyaman, dan selamat," ucap dia.

Baca Juga: Sambut Ramadan 2023, Angkut Motor Gratis Mudik, Cara Daftar dan Syaratnya

Cara daftar program mudik motor gratis

Berikut cara mendaftar program pengiriman motor gratis (Motis) dengan kereta api:

  1. Masa periode pendaftaran 1 Maret 2023 sampai 3 Mei 2023
  2. Daftar melalui website mudikgratis.dephub.go.id dan seluruh stasiun yang melayani program Motis
  3. KTP, SIM, Kartu Keluarga, STNK,
  4. Besaran motor
  5. Pendaftaran melalui website mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjutkan dengan verifikasi di stasiun yang ditunjuk.
  6. Calon pendaftar yang memiliki tiket mudik kereta api atau moda lainnya terlebih dahulu dengan nama, tanggal keberangkatan dan kota yang sama
  7. Setelah pendaftaran disetujui, serahkan motor yang akan dikirim ke stasiun yang telah ditentukan, maksimal 1 hari sebelum tanggal keberangkatan dan diambil di stasiun tujuan maksimal 1 hari setelah motor tiba dengan membawa bukti daftar dan bukti kirim
  8. Petugas akan mengosongkan tangki BBM motor penumpang pada saat motor akan dinaikkan ke rangkaian kereta api untuk dikirimkan.
(*)

Editor : Grid Star

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular