Follow Us

Jangan sampai Menyesal Jika Sudah Jadi Korban! Begini Cara Lindungi Data Diri Pribadi dari Pencurian Pinjol Ilegal

Nadia Fairuz Ikbar - Selasa, 21 Februari 2023 | 12:33
Cara hindari kasus pencurian data pribadi pinjol sebenarnya mudah.
iStockphoto

Cara hindari kasus pencurian data pribadi pinjol sebenarnya mudah.

GridStar.ID - Saat ini memang marak banget pinjaman online. Pinjaman online memang banyak yang menggunakan ya.

Sebab untuk mencairkan dana pinjaman online sangat mudah dan cepat. Namun, di balik itu masih ada kok orang yang gak mau untuk menggunakan pinjol.

Nah, jika Anda tidak mau menggunakan pinjol baiknya Anda lindungi data pribadi Anda baik-baik.

Pengamat teknologi informasi (TI) Ruby Alamsyah mengatakan, penyedia pinjol ilegal sudah marak di Tanah Air sejak beberapa tahun terakhir.

"Selama ini, kasus-kasus kebocoran data pribadi di aplikasi pinjol itu murni karena aplikasi pinjol ilegal tersebut sebenarnya mencuri data pribadi kita secara langsung. Tetapi memang terkesan "diberikan izin" oleh penggunanya," kata Ruby saat dihubungi Kompas.com, Selasa (27/04/2021).

"Dia (pinjol ilegal) bisa tahu siapa yang pinjam, kontaknya siapa saja, biasa SMS sama siapa, WhatsApp sama siapa, segala macam lah," ujar Ruby.

Ruby mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga agar data pribadi tidak bocor dan disalahgunakan pihak lain.

Pertama, jangan pernah memasang aplikasi pinjol yang ilegal atau tidak terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di smartphone.

"Karena apa? Kalau yang terdaftar di OJK itu semua aplikasinya sudah dicek. Dia enggak ada tuh yang melanggar aturan seperti yang tadi. Enggak ada yang bisa menyisipi fitur-fitur semacam spyware, seperti yang tadi," kata Ruby.

Baca Juga: Cek Daftar Pinjol Legal yang Terdaftar di OJK Pada 5 Januari 2023

Ruby mengatakan, sekali saja aplikasi pinjol ilegal itu terpasang di smartphone, maka secara otomatis data-data pribadi yang ada di smartphone pengguna bisa diambil oleh perusahaan ilegal itu.

Kedua, Ruby juga menyarankan masyarakat untuk tidak memasang aplikasi-aplikasi yang tidak resmi atau yang tidak diketahui secara pasti developernya.

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest