Follow Us

Cara Dapat Diskon Tiap Beli Tiket Kereta Api Bagi Alumni 6 Kampus Ini

Rahma - Selasa, 31 Januari 2023 | 15:01
Situs KAI Access
KAI

Situs KAI Access

GridStar.ID - Cara dapat potongan harga tiket kereta api bagi alumni 6 universitas negeri berikut. Alumni dari enam perguruan tinggi di Indonesia bisa menikmati diskon tarif kereta api sebesar 10 persen.

Keenam perguruan tinggi tersebut meliputi Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Airlangga (Unair), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Tiket reduksi bagi para alumni sejumlah perguruan tinggi ini berlaku untuk perjalanan kereta api (KA) jarak jauh dan menengah, baik kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif.

Potongan tarif tiket tidak bisa digunakan untuk kereta api komuter (KRL), kereta api tarif khusus, kereta api tarif promosi, kereta luxury, imperial, priority, dan kereta api wisata lainnya, potongan tarif tiket tersebut tidak bisa digunakan.

Cara mendapatkan diskon tiket kereta alumni universitas:

Untuk mendapatkan diskon tarif kereta api jarak jauh dan menengah, alumni UNS, UGM, ITS, UNY, Unair dan ITB harus melakukan registrasi pencatatan hak diskon tarif terlebih dahulu.

Dilansir dari informasi resmi KAI, pencatatan hak diskon tarif untuk para alumni perguruan tinggi ini memerlukan kartu anggota alumni atau kartu anggota digital yang tercantum nomor keanggotaannya/ijazah.

Lebih lanjut, tata cara mendapatkan diskon tiket kereta api bagi alumni UNS, UGM, ITS, ITB, Unair, dan UNY sebagai berikut:

Baca Juga: Cara Dapat Diskon Makan di Restoran Ternama di Bali Pakai BPJS Ketenagakerjaan

  • Lakukan registrasi pencatatan hak reduksi di customer service (CS) stasiun, dengan melampirkan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu bukti diri sebagai alumni.
  • Setelah melakukan registrasi, calon pengguna harus mengunduh dan mengaktifkan aplikasi KAI Access.
  • Hal ini dikarenakan reduksi tiket hanya bisa dipakai melalui aplikasi KAI Access, dan tidak bisa diberikan lewat pembelian tiket di loket stasiun.
  • Lakukan registrasi akun di aplikasi KAI Access menggunakan NIK sesuai dengan yang terdaftar di customer service.
  • Jika proses registrasi hak reduksi berhasil, pilihan diskon tarif secara otomatis akan tersedia di aplikasi KAI Access, dan bisa digunakan saat pembelian tiket kereta api antar kota.
  • Untuk diketahui, diskon tiket kereta api ini hanya berlaku secara pribadi dan tidak berlaku untuk keluarga dosen, tenaga kependidikan, maupun alumni UNS.
  • Pada kereta api yang sama, satu penumpang hanya berhak atas satu tiket dengan potongan harga sebesar 10 persen.
Selain diskon tiket kereta bagi para alumni sejumlah perguruan tinggi, potongan harga tiket sebesar 10 persen juga diberikan untuk dosen dan tenaga kependidikan UNS, Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Indonesia (UI), UGM, ITB, dan ITS.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Cara Mendapatkan Diskon Tiket Kereta bagi Alumni UNS, UGM, ITB, ITS, UNY, dan Unair

(*)

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest