GridStar.ID - Pencairan BPJS Ketenagakerjaan membutuhkan syarat berupa dokumen-dokumen penting.
Mulai dari E-KTP hingga paklaring.
Paklaring dan dokumen lain penting untuk memverifikasi apakah benar seorang peserta BPJS Ketenagakerjaan layak mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan.
Istilah paklaring tidak banyak diketahui peserta BPJS Ketenagakerjaan sampai hari di mana mereka membutuhkan untuk pencairan.
Berikut definisi dan fungsi paklaring sebagaimana mengutip Parapuan.co
Definisi Paklaring
Istilah paklaring biasanya sering digunakan untuk mengacu pada surat keterangan bekerja atau surat pengalaman kerja.
Pekerja di perusahaan berskala sedang hingga besar terkadang akan menerima surat keterangan atau paklaring tersebut ketika resign atau pensiun.
Namun, untuk yang resign, pekerja yang berhenti mungkin harus meminta langsung ke perusahaan karena tidak akan memperolehnya secara otomatis.
Di dalam paklaring atau surat keterangan/pengalaman kerja, perusahaan tidak hanya mencantumkan informasi identitas karyawan.
Baca Juga: BPJS Checking, Segini Besar Iuran Per Bulan BPJS Kesehatan Kelas 3
Informasi lain terkait lamanya bekerja dan kontribusi karyawan selama berada di perusahaan terkadang juga dicantumkan.