Follow Us

Kembang Sepatu Jadi Obat Alami Darah Tinggi saat Diolah Begini

Rahma - Rabu, 14 Desember 2022 | 08:15
Bunga sepatu
Tribunnews

Bunga sepatu

GridStar.ID - Obat herbal selama ini dikenal ampuh untuk menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Berbagai herbal yang bisa disiapkan dalam bentuk teh, seperti teh kembang sepatu atau teh daun zaitun, tampaknya memiliki sifat antihipertensi yang sangat baik yang membantu mengontrol tekanan darah.

Meskipun pengobatan alami ini berguna untuk melengkapi pengobatan yang diresepkan untuk tekanan darah tinggi, pengobatan herbal ini sebaiknya dikonsultaksikan ke dokter.

Dilansir dari Mind Body Green, berikut adalah obat herbal yang ampuh untuk pasien hipertensi.

Kembang sepatu adalah tanaman yang sangat populer di kalangan mereka yang ingin menurunkan berat badan, namun tanaman ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Ini karena komposisinya yang kaya akan anthocyanin, yaitu flavonoid yang membantu mengatur tekanan darah.

Untuk mendapatkan hasil tekanan darah yang optimal, disarankan untuk menggunakan kelopak bunga dengan warna yang lebih gelap.

Kelopak adalah struktur yang menghubungkan batang ke kelopak. Semakin gelap bunga kembang sepatu, semakin besar konsentrasi antosianin dan semakin besar efeknya terhadap tekanan darah tinggi.

Tempatkan kelopak kembang sepatu ke dalam air matang dan biarkan terendam selama lima sampai sepuluh menit.

Kemudian saring dan minum teh ini sekali hingga dua kali sehari, pastikan kita memberi waktu setidaknya delapan jam di antara setiap cangkir teh.

Baca Juga: Sayuran yang Banyak Di Pasar Ini Ternyata Obat Alami Turun Tensi

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan hal ini, kembang sepatu mungkin beracun di atas dosis harian enam gram. Karena itu, disarankan agar kita tidak mengonsumsi lebih dari dosis yang ditunjukkan di atas.

Teh kembang sepatu mungkin memiliki rasa pahit, jadi jika perlu, kita bisa menambahkan satu sendok teh stevia (pemanis buatan) atau madu ke dalam campuran.

(*)

Source : GridHEALTH

Editor : Rahma

Baca Lainnya

Latest