Follow Us

Rincian Iuran BPJS Kesehatan 2024 Menurut Presiden Joko Widodo

Tiur Kartikawati Renata Sari - Rabu, 07 Desember 2022 | 13:32
BPJS Kesehatan
Kompas.com

BPJS Kesehatan

GridStar.ID - Berapa besarnya iuran BPJS Kesehatan tahun 2024?

Berdasarkan perintah dari Presiden Joko Widodo, tarif iuran BPJS Kesehatan pada 2024 dipastikan tidak akan naik.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan inflasi naik biasanya akan diikuti kenaikan premi asuransi.

Namun, secara politik kenaikan premi iuran BPJS Kesehatan mungkin belum dapat diterima.

Iuran BPJS Kesehatan ini mengacu pada Peraturan Presiden No. 64 Tahun 2020.

Seperti ini rincian iuran BPJS Kesehatan yang dirangkum dari laman resminya via Kontan.co.id:

1. Iuran BPJS Kesehatan PBI-JK sebesar Rp 42.000 per orang per bulan dibayarkan oleh pemerintah pusat (PBI JKN) dengan kontribusi pemerintah daerah serta oleh pemerintah daerah bagi penduduk yang didaftarkan pemda.

2. Iuran bagi Peserta Pekerja Penerima Upah yang bekerja pada Lembaga Pemerintahan terdiri dari Pegawai Negeri Sipil, anggota TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan pegawai pemerintah non pegawai negeri sebesar 5% (lima persen) dari Gaji atau Upah per bulan dengan ketentuan: 4% (empat persen) dibayar oleh pemberi kerja dan 1% (satu persen) dibayar oleh peserta.

3. Iuran bagi Peserta Pekerja Penerima Upah yang bekerja di BUMN, BUMD dan Swasta sebesar 5% ( lima persen) dari Gaji atau Upah per bulan dengan ketentuan: 4% (empat persen) dibayar oleh Pemberi Kerja dan 1% (satu persen) dibayar oleh Peserta.

4. Iuran untuk keluarga tambahan Pekerja Penerima Upah yang terdiri dari anak ke 4 dan seterusnya, ayah, ibu dan mertua, besaran iuran sebesar sebesar 1% (satu persen) dari dari gaji atau upah per orang per bulan, dibayar oleh pekerja penerima upah.

5. Iuran bagi kerabat lain dari pekerja penerima upah (seperti saudara kandung/ipar, asisten rumah tangga, dll); peserta pekerja bukan penerima upah serta iuran peserta bukan pekerja adalah sebesar:

Source : kontan

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest