Follow Us

Tips Puasa Bagi Penderita Darah Rendah, Konsumsi Buah-Buahan Ini Agar Tensi Tidak Anjlog

Rahma - Senin, 11 April 2022 | 16:31
Ilustrasi Buah tropis
Kompas

Ilustrasi Buah tropis

GridStar.ID - Puasa Ramadhan wajib bagi umat muslim.

Bagi umat muslim yang sudah baligh dan sehat secara jasmani dan rohani maka diwajibkan untuk melaksanakan salah satu rukun islam ini.

Seseorang yang sedang sakit juga diperbolehkan berpuasa asal tidak memperparah kondisi kesehatannya.

Saat penderita darah rendah menjalani ibadah puasa, tentunya harus menjaga pola makan, agar tidak timbul gejala pusing atau pandangan kabur.

Dokter umum Prosehat dr Hanum Salsabila, menjelaskan efek darah rendah bisa muncul saat puasa satu di antaranya karena tubuh kekurangan cairan.

Bagi yang menderita darah rendah disarankan untuk minum air putih minimal dua liter dibagi saat sahur dan berbuka ditambah dengan mengonsumi buah yang banyak mengandung air.

"Darah rendah saat puasa bisa terjadi karena dehidrasi, kalau buah makan yang banyak boleh dimakan semangka," ungkap dr. Hanum saat Webinar Sehat Jaman Now, Rabu (6/5/2020).

Nutrition Specialist Youvit, Rachel Olson menambahkan buah-buah yang banyak mengandung air diantaranya seperti semangka, kelapa, jeruk sehingga menambah cadangan air saat berpuasa.

"Semua buah sangat baik, yang penting buah dengan kadar air tinggi termasuk melon yang bikin asupan air makin banyak," ucap Rachel.

Baca Juga: Meski Tidak Wajib, Berikut Tips Puasa Bagi Ibu Hamil Agar Nyaman dan Aman Bagi Kesehatan Janin

Rachel menegaskan jangan takut buah membuat darah rendah karena semua buah punya vitamin beragam yang menambah metabolisme tubuh bagi penderita darah rendah.

"Sebenarmya buah-buahan enggak ada yang bikin darah rendah malah buah-buahan sangat baik untuk meregulasi tekanan darah gak usah takut makan buah," pungkas Rachel.

(*)

Source : tribunnews

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest