Follow Us

Para Penderita Diabetes Harus Waspada, Gairah Seksual Bisa Menurun Jika Hal Ini Terjadi

Dok Grid - Kamis, 02 November 2023 | 14:22
komplikasi diabetes
iStockphoto / imtmphoto

komplikasi diabetes

GridStar.ID - Diabetes bisa menyebabkan komplikasi penyakit lainnya.Melansir Medical News, diabetes terjadi ketika insulin tidak bisa berfungsi dengan benar, yang memicu lonjakan gula darah.Seiring waktu, kondisi ini dapat memicu komplikasi seperti kerusakan saraf dan masalah kardiovaskular, yang keduanya berimplikasi pada kesehatan seksual.Dilansir dari Kompas.com, pada wanita, diabetes bisa memengaruhi kemampuan untuk mengalami rangsangan dan gairah seksual.Diabetes juga berdampak pada pelepasan pelumas vagina.

Akibatnya, hal ini bisa memicu seks yang menyakitkan dan kurangnya kemampuan untuk mengalami orgasme.Di kalangan pria, diabetes sering memicu penurunan kadar testosteron yang dapat memengaruhi gairak seks mereka.Diabetes bisa merusak pembuluh darah, yang memengaruhi aliran darah ke penis.

Simak di sini beberapa fakta soal diabetes picu kerusakan kualitas hubungan seksual.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Penderita Darah Tinggi! Coba Biasakan Makan Pedas, Cabai Rawit Ternyata Ampuh Turunkan Tensi Jika Dikonsumsi Begini

Penyakit kronis seperti diabetes menimbulkan seribu pertanyaan seperti bagaimana menurunkan kadar gula darah, apa yang harus dimakan dan bagaimana cara menurunkan berat badan.Tetapi pernahkah kita bertanya-tanya tentang dampak yang mungkin ditimbulkan pada kehidupan seksual?Para ahli mengatakan bahwa kadar gula darah yang tinggi merusak pembuluh darah serta saraf, yang pada gilirannya menciptakan hambatan dalam aliran darah normal ke alat kelamin sehingga menghambat fungsinya.Ini adalah bagaimana kondisi kesehatan dapat memiliki efek buruk pada kehidupan seksual yang normal.Berikut adalah daftar beberapa komplikasi yang mengganggu kehidupan seksual yang mungkin timbul jika kita menyandang diabetes.

1. Penurunan libido

Penyebab penurunan libido pada penderita diabetes terutama karena kekurangan energi, depresi, kelelahan dan perubahan hormonal, atau mungkin juga karena asupan obat antihipertensi (jika memiliki tekanan darah tinggi)

2. Neuropati diabetik

Para ahli telah menemukan bahwa 75% pria dan 35% wanita mengalami masalah seksual karena neuropati diabetik (kerusakan saraf). Ini karena, kadar gula darah yang tinggi merusak saraf, yang menghambat respons seksual.

3. Disfungsi ereksi

Ini adalah masalah seksual yang paling umum pada pria diabetes (juga disebut impotensi).

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Pengidap Diabetes Bisa Makan Nasi Tanpa Takut Gula Darah Naik, Caranya Cukup Tambahkan Dua Bahan Murah Ini

Disfungsi ereksi berkembang karena kerusakan saraf atau pembuluh darah di penis.

Selain itu, stres atau ketakutan juga bisa menjadi faktor penting terjadinya disfungsi ereksi.

Source : Gridhealth

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest