Follow Us

Jangan Panik, Ini 5 Rempah untuk Atasi Anosmia saat Isoman di Rumah!

Rahma - Senin, 05 Juli 2021 | 12:09
Cara mengatasi anosmia
Freepik

Cara mengatasi anosmia

GridStar.ID - Anosmia atau hilangnya kemampuan indera penciuman merupakan salah satu gejala yang timbul saat seseorang terpapar virus Covid-19.Dalam keadaan ini penderita Covid-19 tidak bisa mencium bau atau membedakan aroma.Ini bisa menjadi gejala awal yang terus berlangsung hingga berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Baca Juga: Berita Kpop Terbaru, Usai Jalani Isoman Selama 10 Hari, Member SEVENTEEN Akhirnya Kembali Lanjutkan Promosi Album Barunya

Biasanya gejala ini dibarengi dengan hilangnya kemampuan mengecap.Melansir Nakita.ID, Covid-19 menyebabkan saraf yang mengirimkan sinyal dari hidung ke otak mengalami masalah.Untuk membantu mengatasi hal ini, penderita Covid-19 yang sedang isoman bisa menggunakan 5 rempah yang bisa mengatasi anosmia:

Baca Juga: Profil Jane Shalimar, Tutup Usia Usai Berjuang Lawan Covid-19

1. Biji jarak Biji tumbuhan jarak (Rincus communis) yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah penciuman adalah dalam bentuk minyak.Biji jarak biasa diekstrasi menjadi minyak dan dianggap ampuh mengobati masalah penciuman karena tumbuhan itu mengandung asam risinoleat yang dapat membantu melawan infeksi, mengurangi pembengkakan dan peradangan di saluran hidng.Minyak jarak bisa digunakan untuk mengatasi anosmia karena pilek atau alergi.

Cara memakainya adalah minyak dihangatkan lalu dioleskan pada tepi hidung sekali-kali dalam sehari, saat bangun dan sebelum tidur.

Baca Juga: Vanessa Angel Ikut Berduka, Bagikan Foto Bersama Jane Shalimar, Istri Bibi Ardiansyah: Kak Jane Banyak Membantuku

2. Jahe

Jahe mengandung gingerol yang mengeluarkan aroma kuat, sehingga salah satu jenis rempah ini bisa membantu mengatasi hidung tak bisa mencium bau.

Cara pemakaiannya adalah jahe dikupas, lalu digeprek. Selanjutnya diseduh dengan air panas selama 15 menit, kemudian diminum.

3. Daun mint

Source : Nakita

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest