Follow Us

Bak Angin Segar di Tengah Pandemi, Luhut Sebut Negara Bisa Hemat Rp17 Miliar Dollar AS Gegara Hal Ini!

Tiur Kartikawati Renata Sari - Minggu, 04 April 2021 | 21:00
Luhut Binsar Pandjaitan sebut Indonesia hemat Rp17 miliar dollar AS
dok. Tribunnews

Luhut Binsar Pandjaitan sebut Indonesia hemat Rp17 miliar dollar AS

GridStar.ID - Bak angin segar di tengah pandemi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap kabar baik.

Menurut Luhut Indonesia bakal berhemat hingga Rp17 miliar dollar AS atau setara Rp246,5 triliun karena belanja produk dalam negeri.

Hal ini diumumkan sang Menteri Koordinator Bidang Kematiritam dan Investasi dalam acara pembukaan UKM Jabar Paten pada Sabtu, (3/4/2021).

Baca Juga: Posisi Luhut Binsar Pandjaitan Sebagai Menteri KKP Ad Interim Digantikan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Ada Apa?

"Saya juga informasikan bahwa dari hasil pantauan kami, kita punya belanja modal belanja barang kira-kira Rp 1.300 triliun.

Dari situ kami inventarisir kemarin, ada yang bisa kita hemat 17 miliar dollar AS untuk (belanja) produk-produk dalam negeri," ujarnya.

Sejak tahun lalu, pemerintah memang gencar mengkampanyekan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI).

Baca Juga: Luhut Minta KPK Tidak Berlebihan dalam Mengusut Kasus Edhy Prabowo hingga Sebut sang Koruptor Orang Baik, Begini Respon Ketua KPK!

Gerakan ini mendorong masyarakat untuk membeli produk-produk buatan UMKM dan ultra mikro lokal, untuk mendukung keberlangsungan ekonomi.

Terkait UMKM, Luhut menyebutkan selama setahun terakhir sudah ada 4 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang masuk platform online untuk memasarkan produknya.

Secara total kata Luhut, UMKM yang sudah naik kelas hampir 13 juta UMKM.

Source : kompas

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest