Follow Us

Profil Aprilia Manganang, Prajurit TNI Wanita yang Ternyata Pria

Yulia Susanti - Kamis, 11 Maret 2021 | 09:32
Profil Aprilia Manganang, Prajurit TNI Wanita yang Ternyata Pria
ANTHONY WALLACE / AFP

Profil Aprilia Manganang, Prajurit TNI Wanita yang Ternyata Pria

GridStar.ID - Aprilia Manganang merupakan mantan pemain voli putri Tim Nasional (Timnas) Indonesia.Selain itu, ia juga salah satu prajurit TNI aktif dengan pangkat Sersan Dua (Serda).Belakangan ini, namanya menggegerkan jagat maya karena berganti jenis kelamin.

Baca Juga: Hidup Sebagai Perempuan yang Memiliki Tubuh Kekar, Siapa Sangka Sosok TNI AD Ini Ternyata Pria Tulen, Baru Diketahui Punya Kelainan Saat Jalani Cek KesehatanSetelah menjalani pemeriksaan medis sejak 3 Februari 2021 ia dinyatakan laki-laki.Ternyata, ia memiliki kelainan kelamin yang disebut hipospadia.Berikut, profil perjalanan karier Aprilia Manganang.Baca Juga: Aprilia Manganang Dipastikan Laki-Laki, Mantan Atlet Voli Putri Itu Alami Hipospadia, KSAD TNI Beberkan Faktanya!

Melansir KOMPAS.com, Aprilia Manganang lahir di Tahuna, Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara pada 27 Maret 1992 silam. Dari Kota Manado, perjalanan ke Sangihe bisa ditempuh dengan kapal laut selama satu malam atau 8 jam. Harian Kompas, 28 Maret 2016 mewartakan, Aprilia Manganang terlahir dari pasangan Akip Zamrud Manganang dan Suryati Bori Lano.

Baca Juga: Hidup Sebagai Perempuan yang Memiliki Tubuh Kekar, Siapa Sangka Sosok TNI AD Ini Ternyata Pria Tulen, Baru Diketahui Punya Kelainan Saat Jalani Cek KesehatanAyahnya hanya berjualan minyak dengan penghasilan Rp 400.000 per bulan. Sedangkan ibunya, adalah ibu rumah tangga yang terkadang berjualan pisang goreng untuk menyambung hidup keluarga.Pada 2011, Amasya tergabung di tim voli LNG Badak dan bekerja sebagai tenaga administrasi di PT Badak LNG.Baca Juga: Aprilia Manganang Dipastikan Laki-Laki, Mantan Atlet Voli Putri Itu Alami Hipospadia, KSAD TNI Beberkan Faktanya!

Tepatnya pada 2011, Aprilia Manganang direkrut tim voli bernama Alko Bandung.Pada 2015, Aprilia Manganang direkrut oleh salah satu tim voli kenamaan, yakni Jakarta Elektrik PLN dan tergabng dalam tim putri.Kemudian, pada 2017, Aprilia Manganang kembali sukses meraih gelar juara Proliga bersama Jakarta Elektrik PLN dan juga menjadi pemain terbaik.

Baca Juga: Aprilia Manganang Dipastikan Laki-Laki, Mantan Atlet Voli Putri Itu Alami Hipospadia, KSAD TNI Beberkan Faktanya!Diberitakan harian Kompas, 10 Februari 2019, atlet bertinggi 170 sentimeter itu digembleng keras oleh pelatih Tian Mei. Mei, sapaan pelatih asal China itu, melihat bakat Aprilia, terutama untuk melakukan smes.Pada 2018, Aprilia Manganang bergabung dengan di bagian putri tim asal Bandung, Bank BJB Pakuan.Pada musim Proliga 2019, Aprilia Manganang memutuskan untuk pindah ke tim Jakarta PGN Popsivo Polwan.

Baca Juga: Hidup Sebagai Perempuan yang Memiliki Tubuh Kekar, Siapa Sangka Sosok TNI AD Ini Ternyata Pria Tulen, Baru Diketahui Punya Kelainan Saat Jalani Cek KesehatanPada 2020, Aprilia tidak lagi memperkuat Jakarta Popsivo Polwan. Dia pun bergabung dengan tim Bandung BJB Tandamata.Diberitakan Antara, 11 September 2020, Aprilia Manganang mengumumkan pensiun dari karier profesionalnya sebagai atlet bola voli Indonesia.(*)

Source : KOMPAS.com

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest