Follow Us

Memburu Penyebab Kecelakaan, KNKT Dapatkan Rekaman Kokpit dengan Petugas Pengatur Lalu Lintas Udara: Transkrip Pembicaraan Pilot Sudah Dikumpulkan

Tiur Kartikawati Renata Sari - Senin, 11 Januari 2021 | 18:45
KNKT sedang meneliti penyebab Sriwijaya Air SJ 182 lewat rekaman suara pilot dengan ATC
Kompas.com

KNKT sedang meneliti penyebab Sriwijaya Air SJ 182 lewat rekaman suara pilot dengan ATC

GridStar.ID - Duka mendalam kini dirasakan keluarga korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Kabar hilangnya kontak Sriwijaya Air SJ 182 pada Sabtu, (9/1/2021) kemarin membuat publik berduka.

Kini, pencarian masih terus berlanjut untuk menemukan para korban yang mulai diserahkan ke RS Polri untuk proses identifikasi.

Baca Juga: Keluarga Pramugari Sriwijaya Air Bersihkan Rumah yang Jadi Keinginan Terakhir Korban, Mengaku Ikhlas: Kalau Orang Baik Cepat Diambil...

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) juga sudah berhasil mengantongi transkip rekaman pembicaraan antara pilot Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak dan petugas pengatur lalu lintas udara.

Rekaman tersebut merupakan percakapan pilot sesaat sebelum pesawat dilaporkan hilang kontak dan jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021).

"Kita kumpulkan rekaman berikut transkip pembicaraan antara pilot dan pengatur lalu lintas udara," kata Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan, Kapten Nurcahyo Utomo dilansir dari video Antara, Minggu (10/1/2021).

Baca Juga: HOAX! Foto Bayi Selamat yang Digendong Tim SAR Ini Bukan Penumpang Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182 Tapi Korban Kapal Tenggelam 2018 Silam!

KNKT juga sudah menerima beberapa komponen pesawat yang akan digunakan untuk investigasi penyebab jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182.

Komponen pesawat yang sudah diterima di antaranya GPS dan radio meter, alat peluncur darurat, dan bagian ekor pesawat.

Sementara itu, menurut Nurcahyo, KNKT tengah mengkaji data radar pergerakan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 sebelum dilaporkan hilang kontak.

Baca Juga: Ternyata Kakak Kelasnya Sewaktu SMA, Arie Untung Ungkap Kebiasaan Luar Biasa Kapten Afwan Pilot Pesawat Sriwijaya Air yang Jatuh: Kalau Mau Terbang Lari Dulu ke Musala...

Source : kompas

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest