Follow Us

Berkaca dari Hilang Kontak hingga Dugaan Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182, Ini 3 Hal Penting Kunci Selamatkan Nyawa Jika Pesawat Alami Kecelakaan

Tiur Kartikawati Renata Sari - Minggu, 10 Januari 2021 | 09:30
Cara menyelamatkan nyawa saat terjadi kecelakaan pesawat
TribunJateng

Cara menyelamatkan nyawa saat terjadi kecelakaan pesawat

GridStar.ID - Hilangnya kontak Sriwijaya Air SJ 182 pada Sabtu, (9/1/2021).

Pesawat Jakarta-Pontianak ini dikabarkan hilang kontak di sekitar Pulau Laki.

Saksi mata di sekitar Pulau Laki mengungkapkan ada suara ledakan yang diduga terjadi saat pesawat nahas ini mengalami kecelakaan.

Baca Juga: Bukan Hanya Cuaca Buruk, 2 Hal Bisa Ini Jadi Penyebab Utama Pesawat Alami Kecelakaan

"Informasi saat ini, ada lost contact Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak SJ 182, ada kontak 14.40 WIB," ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan RI Adita, dilansir dari tayangan TV One.

"(Nelayan) sempat mendengar ledakan dua kali di bawah laut dan dia melihat pesawat jatuh, lagi hujan lebat. Menurut mereka sekitar pukul 2 siang (pesawat jatuh)," kata Surachman dikutip dari siaran langsung Kompas TV.

Berkaca dari kejadian ini, ini yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan nyawa saat terjadi kecelakaan pesawat seperti dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Lokasi Ini Diduga Jadi Tempat Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 128, Saksi Mata Temukan Serpihan Bagian Tubuh Manusia

1. Pakaian Bertahan

Hidup Maksud dari pakaian bertahan hidup adalah baju yang mudah dan praktis untuk bergerak dalam keadaan darurat.

"Bayangkan harus melarikan diri dari pesawat yang terbakat," ungkap Cynthia Corbett, spesialis faktor manusia di Lembaga Penerbangan Federal AS (FAA) dikutip dari Scientific American, Selasa (09/07/2013).

Source : Kompas

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest