Follow Us

Disebut Sebagai Sayyidul Ayyam Alias Pemimpin Hari-hari Lainnya, Inilah 7 Amalan Sunnah Hari Jumat Bagi Ummat Muslim

Yulia Susanti - Jumat, 18 Desember 2020 | 15:02
Disebut Sebagai Sayyidul Ayyam Alias Pemimpin Hari-hari Lainnya, Inilah 7 Amalan Sunnah Hari Jumat Bagi Ummat Muslim
Azislam.com

Disebut Sebagai Sayyidul Ayyam Alias Pemimpin Hari-hari Lainnya, Inilah 7 Amalan Sunnah Hari Jumat Bagi Ummat Muslim

GridStar.ID - Hari Jumat menjadi hari yang istimewah untuk ummat muslim.Terdapat 7 amalan sunnah yang dapat dilakukan di hari Jumat.Bahkan hari Jumat disebut sebagai sayyidul ayyam,yakni pemimpin hari-hari lainnya.

Baca Juga: LAPAN: InsyaAllah Lebaran 24 Mei 2020, Sidang Isbat Digelar Hari Ini!Pada hari itu, Allah SWT membuka pintu ampunan, doa dikabulkan dan amal baik dijanjikan pahala yang sangat besar."Salamah dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda, “Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa di mana tidak seorangpun berdo’a kecuali Dia akan mengabulkan do’a itu.” [HR.Muslim].Selain itu, pada hari Jumat-lah, laki-laki yang sudah baligh diwajibkan untuk melaksanakan Salat Jumat berjamaah.

Baca Juga: Anak Indigo Ini Sebut Mendiang Julia Perez Kerap Datang ke Rumahnya Setiap Hari Jumat untuk Berikan Peringatan Ini pada Keluarga, Sang Adik Pesohor Benarkan Karena Rasakan Hal Ini

Seperti yang disebutkan dalam QS. AlJumu’ah: 9-10:“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan salat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. AlJumu’ah: 9-10).Lantas apa saja amalan yang dianjurkan dilakukan umat muslim di hari Jumat?

Baca Juga: Robby Purba Akhirnya Ungkap Ritual Artis Cantik Ini Tiap Jumat, Pantas Saja Suaminya yang Berondong Tajir Setia Banget!Berikut 7 amalan berlimpah kebaikan yang bisa dilakukan muslim di hari Jumat:1. Membaca Surah Al Kahfiعَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِىِّ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ : مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِDari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:Baca Juga: LAPAN: InsyaAllah Lebaran 24 Mei 2020, Sidang Isbat Digelar Hari Ini!

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jum’at.”(HR Hakim dalam Al-Mustadrok).2. Perbanyak shalawat NabiRasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”.Para sahabat berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?”

Baca Juga: Anak Indigo Ini Sebut Mendiang Julia Perez Kerap Datang ke Rumahnya Setiap Hari Jumat untuk Berikan Peringatan Ini pada Keluarga, Sang Adik Pesohor Benarkan Karena Rasakan Hal IniNabi bersabda,“Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i).3. Perbanyak SedekahHari Jumat adalah hari dimana pahala sedekah berlipat ganda.Rasullah SAW bersabda "pahala sedekah berlipat ganda pada hari Jum'at."Baca Juga: Robby Purba Akhirnya Ungkap Ritual Artis Cantik Ini Tiap Jumat, Pantas Saja Suaminya yang Berondong Tajir Setia Banget!

Sedekah tidak hanya berupa uang, Rasullah bersabda," Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah sedekah, tiap-tiap tahmid adalah sedekah, tiap-tiap tahlil adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, melarang daripada kemungkaran adalah sedekah, dan berhubungan badan dengan istri adalah sedekah." (HR Muslim).Sedekah di hari Jumat memiliki keutamaan lain, yakni setara dengan keutamaan sedekah di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Ingin Rezeki Mengalir Tiada Akhir? Amalkan 4 Rakaat Salat Sunnah IniTentunya bulan Ramadan sendiri merupakan bulan yang penuh berkah sehingga pastinya nilai kebaikan dan amalan yang terkandung didalamnya akan sangat mulia.Sebagaimana dalam hadist berikut ini : Ibnu Qayyim berkata, “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadan dibandingkan sedekah di bulan – bulan selainnya.”4. Perbanyak doaDari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari Jum’at kemudian berkata, “Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan salat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.”

Baca Juga: Ingin Rezeki Mengalir Tiada Akhir? Amalkan 4 Rakaat Salat Sunnah Ini

Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari dan Muslim).5. Perbanyak dzikir"Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk salat pada hari jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah…” (QS. Al Jumu’ah: 9).Bersegera mengingat Allah bisa dilakukan dengan berzikir.

Baca Juga: Mustajab, Ini 7 Doa Pembuka Pintu Rezeki dan Keberkahan Dunia Akhirat 6. Bersiwak, memotong kuku, dan mencukur kumisSebagaimana riwayat hadist dari Anas radhiyallahu 'anhu: "(Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) memberikan tempo kepada Kami untuk memotong kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan menggunting bulu kemaluan supaya tidak dibiarkan begitu saja lebih dari 40 malam." (H.R Abu Dawud dan Ahmad)Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pun selalu bersiwak, memotong kuku, dan mencukur kumis setiap hari Jumat sebelum berangkat ke masjid untuk salat Jumat berjamaah."Adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memotong kuku dan mencukur kumis pada hari Jumat sebelum Beliau pergi salat jumat." (H.R Al-Baihaqi dan At-Thabrani).

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Sarankan Salat Taubat dan Mandi Wajib Sebelum Puasa di Bulan Ramadan, Pahami Ini Tata Cara Bagi Pria dan Wanita!7. Memakai Pakaian TerbaikSalat sebaiknya dilakukan dengan pakaian yang bersih, rapi, dan baik.Jangan hanya mengenakan pakaian terbaik untuk urusan duniawi saja, terlebih saat melaksanakan salat Jum’at, seharusnya kita menggunakan pakaian terbaik.Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk salat Jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani).(*)Artikel ini telah tayang di Tribunstyle.com yang berjudul 7 Amalan Sunnah Hari Jumat Dianjurkan Rasulullah SAW, Kebaikan Sedekah Lebih Baik dari Hari Biasa

Source : Tribunstyle.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest